PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA FABEL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.30447Keywords:
Media Audiovisual, Keterampilan Menyimak, Fabel Pada Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah pengaruh media audiovisual terhadap keterampilan menyimak cerita fabel pada pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas III SD. Peneliti ini menggunakan metode penelitian True Experimen Design dengan rencana penelitian PostTest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Negeri 06 Prabumulih. Sampel pada penelitian ini adalah kelas III A dengan jumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen. Sedangkan kelas III B dengan jumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Pada hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan media audiovisual terhadap keterampilan menyimak cerita fabel, dengan hasil analisis data yang diperoleh 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Fabel Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 06 Prabumulih.References
Aghni, R. i. (2018). fungsi dan jenis media pembelajaran . jurnal pendidikan akuntansi , 98.
Anlianna. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak dan Kemampuan Menulis Siswa SD Kelas V Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Amanah: Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran , 11.
Araniri, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 65.
Arikunto, C. R. (2013). pengaruh komunikasih . jurnal akuntabilitas Manajemen pendidik , 203.
Aryani, S., Rodiyana, R., & Mahpudin. (2021). Media Audio Visual Untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan , 268.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Aqila, S. S., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR) , 284-285.
Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jawa Barat: GUEPEDIA.
Ekayuni. (2017). pentingnya pengunaan media pembelajaran . jurnal PGSD , 8.
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengemabngan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fabel Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 356.
Khoirina, A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Senada , 994.
Lestari, N. D. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN UPAYANYA DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Pendidikan , vol.20 163.
Marlina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran . Ilmu Pendidikan , 50.
Mufid, M. A., & Doyin, M. (2017). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENANGGAPI CARA PEMBACAAN PUISI MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 3 UNGARAN. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 35.
Nugrawiyati, j. (2018). media audio visual dalam pembelajaran . Jurnal Studi Pendidikan , 102.
Nurfadhilah, A. P. (2021). Penerapan media audio visual berbasis video pembelajaran . Jurnal pendidikan dan dakwah , 413.
Nurfadhillah, S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran . Jurnal Edukasi , 289.
Nurhasana, I. (2021). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB. AL-FIKRU: JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS , 224.
Rahma. (2019). Penelitian kuantitatif . Pendidikan Nasional , 118.
Ramadani, A. N., Chandra, K. K., Astuti, U., & Marini, A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora , 751-752.
Ramadhani, N. F., Rohana, & Faisal, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kabupaten Enrekang. PINISI JOURNAL OF EDUCATION , 223.
Rozie, F. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 10.
Sakina, N., Amrah, & Hotimah. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS II. Nubin Smart Journal , 2.
Saleh, H. M., & Abdullah, S. (2020). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS SDN BAJO . Jurnal Blingual , 10-11.
Saputro. (2021). peningkatan keterampilan membaca mengunkan media audio visual . jurnal ilmu pendidikan , 19.
Sardiana, E., Marliani, C., & Fuad, Z. A. (2020). Analisis Nilai Karakter Yang Terkandung Pada Buku Fabel Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan , vol.6 7889.
Sari, M. A., Hambali, D., & Resnani. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu. Jurnal Rriset Pendidikan Dasar , 188.
Sari, W. P., armariena, D. n., & prasrihamni, m. (2022). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA FIKSI SISWA KELAS VI SDN TALANG KELAPA. PAROLE jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 332.
Sigit, Devi, & Rieta. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah DasarJurnal tunas bangsa, 7(1) 87-97
Stefania. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai , 902.
Stukino, F. &. (2010). Fungsi Media Pembelajaran. Jurnal Kebijakan Pendidikan , 72.
sugiyono. (2019). Bandung Alfabeta , 81.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung : Alfabeta .
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. (2019). Stastika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.
sugiyono, s. (2015). metode penelitian kuantitatif. jurnal Alfabeta , 63.
Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik , 46.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran. Komunikasi Pendidikan , 114.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2008). Jakarta: Depdiknas.
Yasyfa, A. (2022). Penerapan Media Audio Visual. Jurnal Ilmu Pendidik , 8.
Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan , 257.
Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan , vol.3 2532.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Windry Noviyanti, Nora Surmilasari, Dian Nuzulia Armariena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.