PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 06 PRABUMULIH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33120Keywords:
Media, Audio Visual, Terhadap Membaca Permulaan.Abstract
Pembelajaran materi dengan tema “Ayo Hemat Air” yang memerlukan media pembelajaran yang kontekstual siswa perlu belajar dengan media yang konkret. Penelitian ini bertujuan menegatahui adakah pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II A SD Negeri 06 Prabumulih. Penelitian ini menggunkan metode penelitian true eksperimental design dengan rencana penelitian PostTest-Only Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas II B dengan jumlah 23 sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas II A dengan jumlah 23 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah test berupa pilihan ganda dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent simple t-test. Pada hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan setelah menerapkan Media audio visual, dengan hasil data yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dapat digunakan dan disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh yang signifikan terhadap pengunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Negeri 06 Prabumulih.References
Aghani, R. i. (2018). fungsi dan jenis media pembelajaran. jurnal pendidikan akuntansi,
Alamsah, D. T. (2023). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik Berbantuan Media Audio Visual . Jurnal of Primary Education .
Araniri, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam,
Arikunto, C. R. (2013). pengaruh komunikasih . jurnal akuntabilitas Manajemen pendidik ,
Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS. Jawa Barat : GUEPEDIA.
Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jawa Barat: GUEPEDIA.
Retnawati, H. (2016). ANALISIS KUANTITAFI INSTRUMEN PENELITIAN . Yogyakarta : Panduan Penelitia, mahasiswa, dan psikometrian.
Rozie, F. (2018). tentang penggunaan media pembelajaran . jurnal pendidikan dan pembelajaran
Sari, W. P., Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi siswa kelas VI SDN talang kelapa. Parole jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia,
Yusliani, e. L. (2019). Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, dan Efektifitas Bahan Ajar Cetak meliput handout. Modul, Buku.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Meyra Andani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.