PERAN POSITIVE EMOTION DALAM MEMEDIASI PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi Pada Pelanggan Gerai Ritel KKV Trans Studio Mall Bali di Kota Denpasar)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29714Keywords:
Positive Emotion, Store Atmosphere, Impulse BuyingAbstract
Perkembangan bisnis ritel di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat. Bisnis ritel modern saat ini memiliki fungsi bukan hanya sekedar tempat belanja, tetapi juga sebagai tempat rekreasi bagi keluarga. Sebagian besar ritel menciptakan suasana yang baik untuk mendapatkan perhatian kosumen Toko yang tertata dan dengan store atmosphere yang menarik dapat memicu konsumen untuk berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran positive emotion memediasi pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying pada pelanggan gerai ritel KKV Trans Studio Mall Bali. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 120 orang pelanggan, dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis), Uji Sobel dan Uji VAF. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa positive emotion memediasi pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying pada pelanggan gerai ritel KKV Trans Studio Mall Bali. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion, Positive emotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, dan Positive emotion memediasi pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying pada pelanggan gerai ritel KKV Trans Studio Mall Bali.References
Amiri, F., Jasour, J., Shirpour, M. & Alizadeh, T., 2012. Evaluation of Effective Fashionism Involvement Factors Effects on Impulse Buying of Customers and Condition of Interrelation between These Factors. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(9), pp. 9413-9419.
Andriyanto, D. S., Suyadi, I. & Fanani, D., 2016. Pengaruh Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying (Survey Pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(1), pp. 42-49.
Arda, M. & Andriany, D., 2019. Effect Of Loneliness And Discount Price On Impulse Buying In Teenage Girls. In The 1st International Conference on Innovation of Small Medium-Sized Enterprise (ICIS), 1(1), pp. 25-34.
Aurellia, P. D., 2019. Pengaruh Persepsi Konsumen Pada Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Shopping Emotion Pleasure. Journal of Research in Business and Economics, 1(2), pp. 57-79.
Ballantine, P. W., Jack , R. & Parsons, A. G., 2010. Atmospheric cues and their effect on the hedonic retail experience. International Journal of Retail & Distribution Management, 38(8), pp. 641-653.
Ceicdata, 2023. Indonesia Pertumbuhan Penjualan Ritel. [Online]
Available at: https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth
[Diakses 31 Maret 2023].
Chaniago, H., Mulyawan, I., Suhaeni, T. & Jumiyani, R., 2019. Faktor Kunci Keberhasilan Ritel Modern di Indonesia. 201| Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis|Vol. 7 No.2, December 2019, 201-208|E-ISSN: 2548-9836Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis , 7(2), pp. 201-208.
Choirul, A. & Artanti, Y., 2019. Millennia's Impulsive Buying Behavior Does Positive Emotion Mediate?. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 22(2), p. 223 – 236.
Defari, S., 2020. Pengaruh Store Atmosphere dan Faktor Sosial Terhadap Emosi Positif Konsumen Produk Zara Store di Pakuwon Mall Surabaya. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), pp. 32-42.
Devi , N. W. C. & Jatra, I. M., 2020. Positive Emotion Memediasi Sales Promotion Dan Store Environment Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen, 9(5), pp. 1942-1961.
Devi, D. A. C. & Nurcaya, I. N., 2020. Peran Positive Emotion Memediasi Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying di Beachwalk Kuta Bali. E-Jurnal Manajemen, 9(3), pp. 884-903 .
Dewi, K. T. & Giantari, I. G. A. K., 2015. Peran Emosi Positif dalam Memediasi Store Atmosphere Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Konsumen Matahari Departement Store Duta Plaza Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud,, 4(12), pp. 4419-4448 .
Diany, A. A., Sangen, M. & Faisal, I., 2019. Pengaruh Sale Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Positive Emotion dan Perilaku Impulse Buying di Departement Store Matahari Duta Mall, Banjarmasin. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), pp. 65-84.
ekon.go.id, 2022. Penjualan Ritel yang Tumbuh Tinggi di Tengah Tantangan Global Perlihatkan Daya Beli Masyarakat Mulai Kembali Pulih. [Online]
Available at: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4449/penjualan-ritel-yang-tumbuh-tinggi-di-tengah-tantangan-global-perlihatkan-daya-beli-masyarakat-mulai-kembali-pulih
[Accessed 31 Maret 2023].
Fatmawati, I. & Dinar, L., 2021. How Store Environment and Sales Promotion Influence Positive Emotions and Unplanned Purchases. Advances in Economics, Business and Management Research, Volume 176, pp. 139-149.
Fazrin, P. D. & Siregar, S., 2021. The Influence Of Store Atmosphere Mediated By Positive Emotion On Impulse Buying. Almana : Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(3), pp. 365-373.
Ghozali, I., 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gudonaviciene, R. & Alijosiene, S., 2015. Visual Merchandising Impact on Impulse Buying Behaviour. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 213, pp. 635-640.
Gunnanda, I. G. A. & Purnami, N. M., 2019. The Role of Hedonic Value Mediate Store Atmosphere on Impulsive Buying. International Journal of Management and Commerce Innovations, 6(2), pp. 1474-1482.
Hair Jt, J. F., Ringle, C. M. & Sarstedt, M., 2013. Partial Least Squares Structural Equation Modeling: Rigorous Applications, Better Results and Higher Acceptance. Long Range Planning, 46(1-2), pp. 1-12.
Handoyo, 2023. Penjualan Ritel Menurun pada September 2023. [Online]
Available at: https://nasional.kontan.co.id/news/penjualan-ritel-menurun-pada-september-2023
[Accessed 19 November 2023].
Haryono, E., 2023. Survei Penjualan Eceran Mei 2023: Penjualan Eceran Diprakirakan Tetap Tumbuh Positif. [Online]
Available at: https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2515623.aspx
[Accessed 26 October 2023].
Hasanah, M. A., Hadi, P. & Ridwan, H., 2017. The Role of The Store Atmosphere To Impulsive Purchasing(Study inMatahari Cilandak Town Square). AFEBI Management and Business Review , 2(1), pp. 80-94.
Hetharie, J. A., 2012. Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency pada Matahari Departement Store Kota Ambon. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), pp. 890-898.
Idris, A. M., 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Emosi Positif Dan Dampaknya Terhadap Pembelian Impulsifpada Air Asia Indonesia. Diponegoro Journal of Management, 7(4), pp. 1-9.
Imbayani, I. G. A. & Novarini, N. N. A., 2018. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(2), pp. 199-210.
Kertiana, I. K. D. & Artini, I. G. A. K. S., 2019. Pengaruh Visual Merchandising, Atmosfer Toko dan Display Produk Terhadap Impulse Buying Pelanggan Ramayana Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 8(11), pp. 6533-6557 .
kkgroup.cn, 2023. About The KK Group. [Online]
Available at: https://www.kkgroup.cn/
[Accessed 11 April 2023].
Kotler, P. & Armstrong, G., 2018. Principles of Marketing. 17th ed. United Kingdom: Pearson Education.
Kusnandar, V. B., 2021. Perekonomian Kota Denpasar Terbesar di Bali pada 2020. [Online]
Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/27/perekonomian-kota-denpasar-terbesar-di-bali-pada-2020
[Accessed 20 May 2024].
Leba, E., 2015. Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Promosi Terhadap Pembelian Impulsif Yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(1), pp. 1-17.
Levy, M., Weitz, B. A. & Grewal, D., 2019. Retailing Management. 10th ed. United States: McGraw-Hill Education.
Liaw, G.-F., 2007. The Influence of Multiple Store Environment Cues on Shopping Mood and Patronage Satisfaction. 7th Global Conference on Business & Economics, pp. 1-21.
linkedin, 2019. KKV. [Online]
Available at: https://id.linkedin.com/company/kkvretail
[Accessed 11 April 2023].
Liputan6.com, 2022. Liputan 6. [Online]
Available at: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5120077/ekspansi-kkv-dan-inspirasi-gaya-hidup-orang-indonesia
[Accessed 2 April 2023].
Makal, E. N., 2018. Pengaruh Faktor Situasional Dan Store Atmosphere Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Motivasi Belanja Hedonik Sebagai Intervening. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(1), pp. 27-42.
Ma'ruf, H., 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Maulana, R. I., 2018. Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying. Jurnal Ecodemica, 2(2), pp. 213-225.
Nabila, M., 2023. Sosok di Balik Toko Ritel Miniso Sampai KKV yang Digandrungi Gen Z. [Online]
Available at: https://entrepreneur.bisnis.com/read/20231218/265/1724864/sosok-di-balik-toko-ritel-miniso-sampai-kkv-yang-digandrungi-gen-z
[Accessed 7 January 2024].
Negara, A. A. B. J. & Kusumadewi, N. M. W., 2018. Pengaruh Atmosfer Ritel dan Promosi Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Emosi Positif. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(7), pp. 3944-3973.
Nurcaya, I. N. & Rastini, N. M., 2018. Impulse Buying Behavior on Modern Retail. Udayana Journal of Social Sciencec and Humanities, 2(2), pp. 101-108.
Pontoh, M. E., Moniharapon, S. & Roring, F., 2017. Pengaruh Display Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Matahari Department Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 5(2), pp. 1823-1833.
Preacher, K. J. & Hayes, A. F., 2008. Asymptotic and Resampling Strategies For Assessing And Comparing Indirect Effects In Multiple Mediator Model. Behavior Research Methods, 40(3), pp. 879-891.
Putra, A. P. & Rahanatha, G. B., 2023. Pengaruh Lingkungan Toko Terhadap Pembelian Impulsif Dimediasi Oleh Emosi Positif. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 12(2), pp. 337-346.
Putra, I. B. D. S. & Warmika, I. G. K., 2023. Hedonic Shopping Value Memediasi Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 12(9), pp. 1694-1704.
Putri, P. I. W. & Andani, I. G. A. K. S., 2023. Peran Positive Emotion Memediasi Pengaruh Sales Promotion dan Hedonic Consumption Terhadap Impulse Buying. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 12(1), pp. 15 - 31.
Rachmawati, V., 2009. Hubungan Antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, Dan Perilaku Impulse Buying Pada Konsumen Ritel. Majalah Ekonomi, XIX(2), pp. 192-209.
Rahyuda, K., 2020. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama ed. Denpasar : CV. Sastra Utama.
Ramli, R. R. & Sukmana, Y., 2024. Permintaan Melemah, Penjualan Ritel Ikut Turun. [Online]
Available at: https://money.kompas.com/read/2024/02/16/210000426/permintaan-melemah-penjualan-ritel-ikut-turun
[Accessed 13 April 2024].
Ratnasari, V. A., Kumadji, S. & Kusumawati, A., 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value Dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Hypermart Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 1(1), pp. 1-5.
Renaldi, A. & Nurlinda, R., 2023. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion. Journal of Advances in Digital Business and Entrepreneurship, 2(1), pp. 46-61.
Reno, M., 2023. Penjualan Ritel RI Melambat, Rupiah Jalan Ditempat. [Online]
Available at: https://www.cnbcindonesia.com/market/20230911150906-17-471418/penjualan-ritel-ri-melambat-rupiah-jalan-ditempat
[Accessed 19 November 2023].
Rismawati, R. & Pertiwi, I. F. P., 2022. Pengaruh Store Atmosphere, Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi KasusKonsumen Rabbani di Kota Salatiga). Social Science Studies, 2(3), pp. 215-239.
Rizaty, M. A., 2023. Jumlah Toko Retail di Indonesia Sebanyak 3,98 Juta pada 2022. [Online]
Available at: https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/jumlah-toko-retail-di-indonesia-sebanyak-398-juta-pada-2022
[Accessed 19 November 2023].
Rosyida, S. & Anjarwati, A. L., 2016. Pengaruh Store Atmosfer Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening. Jounal of Research in Economics and Management, 16(1), pp. 105-127.
Sahetapy, W. L., Kurnia, E. Y. & Anne, O., 2020. The Influence of Hedonic Motives on Online Impulse Buying through Shopping Lifestyle for Career Women. SHS Web of Conferences, Volume 76.
Saputro, I. B., 2019. Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumenritel Minimarket Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(1), pp. 35-47.
Saraswati, T. G. & Ismayuni, I., 2015. Emosi Positif, Keterlibatan Fashion, Kecenderungan Konsumen Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Konsumen Nike. e-Proceeding of Management, 2(3), pp. 3733-3741.
Sari, D. R. & Faisal, I., 2018. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Giant Ekstra Banjar. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), pp. 51-60.
Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L., 2015. Consumer Behavior. Global Editon ed. England: Pearson Education Limited.
Setiawan, I. K. & Ardani, I. G. A. K. S., 2021. The Role of Positive Emotions to Increase the Effect of Store Atmosphere and Discount on Impulse Buying. European Journal of Business and Management Research, 7(1), pp. 219-223.
Sholihin, M. & Ratmono, D., 2013. Analisis SEM-PLS dengan WrapPLS 3.0: untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Sholihin, M. & Ratmono, D., 2021. Analisis SEM-PLS dengan WrapPLS 7.0 untuk Hubungan Nonlinear dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Cetakan 1, 2021 Edisi 1 ed. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Statistik, B. P., 2023. Rata Rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Untuk Makanan dan Bukan Makanan di Daerah Perkotaan dan Perdesaan Menurut Provinsi (rupiah), 2011-2023. [Online]
Available at: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/OTQ1IzE=/monthly-average-of-food-and-non-food-expenditure-per-capita-in-urban-and-rural-areas-by-province--rupiahs---2011-2023.html
[Accessed 20 May 2024].
Sualang, J. J., Tumbel, A. L. & Loindong, S. S. R., 2021. Importance Performance Analysis (IPA) Kualitias Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Pada Alfamart Winangun Atas. Jurnsl EMBA, 9(2), pp. 476-485.
Sudarsono, J. G., 2017. Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Pada Zara Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), pp. 16-25.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Cetakan Ke-1 ed. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sujana, I. N., Suwendra, I. W. & Suwena3, K. R., 2020. The Effect of Store Environment on Positive Emotional Response and Impulse Buying Moderated by Situational Factor. Advances in Economics, Business and Management Research, Volume 158, pp. 177-181.
Sumampow, K. Z., Soepeno, D. & Raintung, M. C., 2022. Pengaruh Fashion Involvement, Sale Promotion dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Departement Store Megamall Manado. Jurnal EMBA, 10(2), pp. 809-819.
Trihudiyatmanto, M., 2020. Analisa Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Terhadap Impulse Buying Melalui Emotional Response Sebagai Variabel Intervening. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), pp. 136-146.
Utama, M. S., 2016. Aplikasi Analisis Kuantitatif. 1st ed. Denpasar: C.V. Sastra Utama.
Utami, C. W., 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Wiranata, A. & Suryadi, N., 2022. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(2), pp. 195-200.
Wisesa, I. G. B. S. & Ardani, I. G. A. K. S., 2022. The Effect of Sales Promotion and Store Atmosphere Mediated by Positive Emotion on Impulse Buying for Customers in Bookstores. European Journal of Business and Management Research, 7(3), pp. 63-66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Dwi Ratna Cahyanti, I Made Wardana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.