PERANCANGAN JOURNALING KIT SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANTU MENGELOLA RASA CEMAS PADA REMAJA

Authors

  • Zhafirah Yumna Ashil Universitas Potensi Utama
  • Muhammad Rusdi Tanjung Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30383

Keywords:

Journaling Kit, Kecemasan, Remaja, Terapi Menulis, Psikologi

Abstract

Masa remaja merupakan fase peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa. Pada fase ini remaja akan mengalami perubahan dari segi fisik, emosi, dan perilaku dalam kehidupan sosial. Banyak perkembangan yang akan dihadapi pada masa remaja, sehingga akan timbul permasalahan terkait psikologi pada remaja seperti rasa cemas, ketakutan, dan ketidaknyamanan. Untuk membantu mengelola rasa cemas pada remaja, dirancanglah media journaling kit sebagai upaya mengintegrasikan salah satu terapi psikologi untuk mengatasi kecemasan, yaitu terapi menulis ekspresif (journaling).  Tujuan dari perancangan ini adalah memfasilitasi remaja untuk meregulasi emosi dengan bebas dengan mereflesikan diri, relaksasi, dan mengenal diri melalui tulisan dan kegiatan seni dengan begitu remaja perlahan dapat mengembangkan pola pikir yang lebih adaptif untuk menghindari gangguan kecemasan yang berlebihan.  Metode penelitian yang digunakan pada perancangan ini adalah campuran, yakni peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi serta penyebaran kuesioner. Data dianalisis menggunakan  metode  5W+1H untuk mendapatkan konsep dan tema perancangan yaitu “Melangkah Tenang”. Hasil dari perancangan ini menunjukkan bahwa media journaling kit merupakan inovasi menarik yang dapat membantu remaja mengelola rasa cemas dengan menerapkan terapi psikologi

References

Fadilah, R. (2023). Kesehatan Mental Anak dan Remaja (S. A. Parinduri, I. Fahlevi, & A. P. Aulia (eds.); 1st ed.). Universitas Medan Area Press.

Hurlock. (2009). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (5th ed.). Erlangga.

Nasrudin, M. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Deliquency Minum-Minuman Keras Pada Remaja Desa Kranding Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Journal INSTITUTIONAL REPOSITORY of IAIN Tulungagung (IRIT), 14–45.

Paramita, A. F. A., & Tjandrawibawa, P. (2021). Custom Journaling Book Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Pada Generasi Z. Jurnal VICIDI, 11(2), 24–31. https://doi.org/10.37715/vicidi.v11i2.2391

Rustan, S. (2019). Buku Warna. PT. Lintas Kreasi Imaji. Jakarta.

Rustan, S. (2020). Layout 2020. Nulis Buku Jendela Dunia, Jakarta.

Santrock. (2003). Perkembangan Remaja (6th ed.). Erlangga.

Saputri, R. O., Prabowo, A., & Wijayanti. (2019). Pengaruh Terapi Menulis ekspresif Terhadap Penurunan Stress Pada Remaja. Jurnal Diii Keperawatan Its Pku.

Sihombing, D. (2015). Tipografi Dalam Desain Grafis. Gramedia Pustaka Utama.

Sri, S. O. A. L. (2022). Perancangan Desain Kemasan Corona Kit Package. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(4), 416–426. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i4.258

Suci, A. W., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Buku Interaktif Self-Compassion. Jurnal Barik, 2(2), 96–107. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Susanti, R., & Supriyantini, S. (2013). Pengaruh expressive writing therapy terhadap penurunan tingkat kecemasan berbicara di muka umum pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 9(2), 119–129.

Tas’adi, R., & Dewi, Y. S. (2019). Teknik “Journaling” Dalam Konseling. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 3(1), 243 246. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/viewFile/1314/1123

Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Bahan Ajar Kursus Dan Pelatihan Desain Grafis. In Pengantar Desain Grafis (Issue 1).

Wilopo, et al. (2022). National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) Laporan Penelitian. Mental Health, xviii. https://qcmhr.org/outputs/reports/12-i-namhs-report-bahasa-indonesia

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Ashil, Z. Y. ., & Tanjung, M. R. (2024). PERANCANGAN JOURNALING KIT SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANTU MENGELOLA RASA CEMAS PADA REMAJA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8637–8643. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30383