ANALISIS IMPLIKASI SISTEM AMONG DAN KODRAT ZAMAN DI TKIT AZ-ZAHRA

Authors

  • Ima Dwi Rosadi Universitas PGRI Semarang
  • Murdiansyah Indra Putranto Universitas PGRI Semarang
  • Athi Aliyatus Sya'ni Universitas PGRI Semarang
  • Sumastini Universitas PGRI Semarang
  • Sumastini Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30289

Keywords:

Sistem Among, Kodrat Zaman, Pendidikan, Pembelajaran, Ki Hajar Dewantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implikasi dari penerapan pembelajaran sistem Among yang dipadukan dengan konsep kodrat zaman dalam konteks pendidikan di Indonesia. Sistem Among, yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara, menekankan pentingnya kebebasan individu dan pembimbingan sesuai dengan potensi setiap siswa. Sedangkan kodrat zaman mengacu pada adaptasi metode dan materi pembelajaran yang relevan dengan kondisi dan tantangan era modern. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di lembaga yang telah mengimplementasikan sistem Among. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem Among  meningkatkan kemandirian, kreativitas, dan karakter siswa. Siswa yang belajar dengan sistem Among menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan keterlibatan yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi dan resistensi dari beberapa pihak terhadap perubahan metode pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi sistem Among dengan adaptasi terhadap kodrat zaman dapat menghasilkan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan responsif terhadap kebutuhan siswa di era digital.

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Devi Utami, R. (2020). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Sistem Among di Perguruan Taman Siswa Yogyakarta (1922-1945). PERIODE: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 2(2), 87–99.

Dewantara, K. H. (2004). Pendidikan (Bagian Pertama). Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Indayanti, I. (2018). Konsep Pembelajaran Berbasis Sistem Among Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Siswa: Telaah Pemikiran Ki Hajar Dewantara. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN CURUP, 1–78.

J.Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Rosadi, I. D., Putranto, M. I., Sya’ni, A. A., Sumastini, S., Sumastini, S., & Soedjono, S. (2024). ANALISIS IMPLIKASI SISTEM AMONG DAN KODRAT ZAMAN DI TKIT AZ-ZAHRA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9647–9652. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30289

Most read articles by the same author(s)