PERANAN GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 229 PALEMBANG

Authors

  • Rema Paramitha Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Ferri Hidayad Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29989

Keywords:

Peranan Guru, Bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam pencegahan bullying siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 229 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif ialah metode dengan data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau kalimat serta gambar yang memiliki makna dan pemahaman yang konkrit. Fokus dalam penelitian ini adalah Analisis Peranan Guru Dalam Pencegahan Bullying Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 229 Palembang, sedangkan subfokus dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Kelas V, Siswa dan Orang Tua. Berdasarkan hasil penelitian serta hasil pembahasan disimpulkan bahwa Peranan Guru Dalam Pencegahan bullying Siswa yaitu guru berperan sebagai penasihat secara persuasif, pembimbing secara klasikal dan individual. Hal tersebut di lihat dari proses pengamatan di sekolah seperti, guru menasihati dan membimbing dalam proses pembelajaran. Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa guru sudah terlihat dalam upaya pencegahan bullying siswa. Bentuk-bentuk bullying yang terjadi pada siswa kelas V adalah : a) Bullying Fisik, b) Bullying Verbal, c) Bullying mental atau psikologis. Serta strategi guru dalam pencegahan bullying yaitu : a) Melalui pembiasaan sehari-hari, b) Melalui Diary Feeling, c) Melalui Pendidikan Karakter Peduli Sosial, d) Kerja Sama Guru dan Orang Tua. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles and Huberman, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

References

Amanda, G. (2021). Stop Bullying . Bandung: Cemerlang Publishing.

Batubara, A. E. (2022a). Peran Guru PPKn dalam Mencegah Terjadinya Bullying. Jurnal Kewarganegaraan .

Bayu Ripto Pratama, F. R. (2023). Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Perundungan Pada Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri Sunggingwarno 01 Kabupaten Pati. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri .

Devi Damayanti, M. A. (2024). Guru Penggerak : Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT .

Difany et al., 2. (2021). Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik. UAD Press .

Elawati, I. V. (2024). Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Perundungan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 147-156.

Fadil, K. (2023). Peran Guru dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah .

Fianolita Purnaningtias, N. A. (2020). Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.4, No 1 , 45-48.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Paramitha, R. ., Sukardi, S., & Hidayad, F. . (2024). PERANAN GURU DALAM PENCEGAHAN BULLYING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 229 PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8311–8322. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29989