PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 PALEMBANG

Authors

  • Tithania Alfa Syakilla Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Eni Heldayani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31117

Keywords:

Model Pembelajaran Think Pair Share, Media Video Interaktif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Video Interaktif terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis Posttest-Only Control Design yang ada pada True Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 04 Palembang dengan jumlah 75 Peserta didik. Dengan sampel kelas eksperimen VA dan kelas kontrol VB. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik simple random sampling dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dilakukan dengan menggunakan tes soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian data akhir (Posttest) kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 81,67 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah sebesar 67,73. Adapun hasil uji hipotesis dengan uji-t independent sample t-test yaitu menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai yang didapatkan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Video Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi Perubahan Lingkungan.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. JAKARTA: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Hakim, L., & Rizhardi, R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SDN 1 LUBUK MAKMUR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 624-635.

Hayati, H. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pendapatan Nasional melalui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Serambi Akademica, 8(3), 422-435.

Lubis, M. A. & N. A. (2020). Pembelajaran Tematik Sd/Mi. Kencana

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Purwasih, S. M. (2020). Pemanfaatan Dakota Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Fpb Dan Kpk. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 126-133.

Putri, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Kelas III SDN Undar Andir 2. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 60-64.

Sholichah, L., Rahmawati, E., & Dewi, G. K. (2022). Pengaruh Model Think pair share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1037-1045.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).

Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., Tahrim, T., Jefryadi, Jonata, Rismayani, Kusumawardan, R. N., Bahtiar, I. R., & Sholeh, M. (2022). Desain Media Pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zani.

Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21-31

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Syakilla, T. A. ., Sukardi, S., & Heldayani, E. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 PALEMBANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9885–9892. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31117