ANALISIS TERHADAP PERMASALAHAN PENDIDIKAN ISLAM DAN SOLUSINYA (STUDI KASUS MAN IC PADANG PARIAMAN)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29641Keywords:
Pendidikan Islam, MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, Kurikulum TerintegrasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan Islam di MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di sekolah tersebut. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru, siswa, dan staf administrasi, observasi langsung, serta analisis dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa permasalahan utama, antara lain keterbatasan jumlah tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi memadai dalam bidang pendidikan Islam, kurikulum yang belum sepenuhnya terintegrasi dengan baik antara mata pelajaran umum dan agama, keterbatasan fasilitas pendukung pembelajaran yang modern dan memadai, rendahnya motivasi beberapa siswa dalam mempelajari mata pelajaran agama Islam, serta metode pengajaran yang kurang variatif dan inovatif. Solusi yang diusulkan meliputi pengembangan kompetensi guru melalui pelatihan dan workshop, revisi kurikulum agar lebih terintegrasi dan relevan dengan kebutuhan siswa serta perkembangan zaman, peningkatan fasilitas pendukung pembelajaran melalui kerjasama dengan pemerintah dan swasta, pengadaan program motivasi dan kegiatan ekstrakurikuler yang menarik untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar agama Islam, serta penerapan metode pengajaran yang lebih variatif dan inovatif seperti penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan pendekatan yang lebih interaktif.References
Aiken, Lewis R. (1994). Psychological Testing and Assessment,(Eight Edition), Boston: Allyn and Bacon.
Anastasi, Anne dan Susan Urbina. Tes Psikologi. Jakarta: Prenhallindo, 2007.
Anggreini, D., & Darmawan, C. A. (2017). Analisis Kualitas Soal Try Out Ujian Nasional Dengan Menggunakan Aplikasi Program Anates. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 20.
Azwar, Saifuddin. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
Azwar, Saifuddin. Reliabilitas, Validitas, Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty, 2006.
Azwar, S. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007
Crocker, L dan J. Algina. Introduction to Classical and Modern Test Theory. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc, 1996.
Darus, M. F., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Soal Dalam Buku Matematika Kelas Vii Semester 1 Berdasarkan Kriteria Dari Higher Order Thinking Skills (Hots). JPMI (Jurnal …, 4(4), 777–788. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.777-788I Wayan Eka Mahendra, ANALISIS BUTIR SOAL, Disampaikan pada Workshop Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran Guru SLB N 1 Buleleng, Singaraja 4 - 7 September 2019
Hopkins, Charles D dan Antes, Richard L.Classroom Measurement and Evaluation. Illionis, F.E. Peacock, 1999.
Huriaty, D., & Gazali, R. Y. (2021). Analisis Instrumen Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Smpn 1 Hulu Sungai Tengah. 1(4)
Joni , T. Raka. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda, 2006.
Naga, Dali. S. Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma, 2002. Holland. PW & Thaycr. DT (1988). Test Validity. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers
Nana Sudjana, Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1995
Nitko, Anthony J. (1996). Educational Assessment of Students, Second Edition. Ohio: Merrill an imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs.
Nurkancana, Wayan dan Supartana. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional, 2002
Sirait, Bistok. Bahan Pengajaran Untuk Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Depdikbud, 2009
Tilaar, A. L. F., & Hasriyanti, H. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 8(1), 57–68. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hendrayadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.