ANALISIS ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 10 PADANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024 (TELAAH TERHADAP RELIABILITAS, DAYA BEDA DAN TINGKAT KESUKARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES)

Authors

  • Hendrayadi Hendrayadi UIN Imam Bonjol Padang
  • Martin Kustati UIN Imam Bonjol Padang
  • Rezki Amelia UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29380

Keywords:

Realibilitas, Tingkat Kesukaran, Anates

Abstract

Penelitian ini akan dibahas mengenai penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan butir soal penilaian tengah semester di SMAN 10 Padang.  Kualitas dan kelayakan butir soal dapat dilihat dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan kualitas distraktor.  Subjek penelitian adalah siswa SMAN 10 Padang.  Data dikumpulkan melalui penyebaran soal Penilaian Tengah Semester yang diisi oleh siswa, kemudian diolah dengan menggunakan program Anates ver. 4.0.9. Hasil uji coba menunjukkan bahwa butir soal sudah cukup layak untuk diujikan namun masih perlu perbaikan. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa soal dengan kualitas yang kurang baik.

References

Aiken, Lewis R. (1994). Psychological Testing and Assessment,(Eight Edition), Boston: Allyn and Bacon.

Anastasi, Anne dan Susan Urbina. Tes Psikologi. Jakarta: Prenhallindo, 2007.

Anggreini, D., & Darmawan, C. A. (2017). Analisis Kualitas Soal Try Out Ujian Nasional Dengan Menggunakan Aplikasi Program Anates. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 20.

Azwar, Saifuddin. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006

Azwar, Saifuddin. Reliabilitas, Validitas, Interpretasi dan Komputasi. Yogyakarta: Liberty, 2006.

Azwar, S. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

Crocker, L dan J. Algina. Introduction to Classical and Modern Test Theory. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc, 1996.

Darus, M. F., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis Soal Dalam Buku Matematika Kelas Vii Semester 1 Berdasarkan Kriteria Dari Higher Order Thinking Skills (Hots). JPMI (Jurnal …, 4(4), 777–788. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.777-788I Wayan Eka Mahendra, ANALISIS BUTIR SOAL, Disampaikan pada Workshop Peningkatan Kompetensi Evaluasi Pembelajaran Guru SLB N 1 Buleleng, Singaraja 4 - 7 September 2019

Hopkins, Charles D dan Antes, Richard L.Classroom Measurement and Evaluation. Illionis, F.E. Peacock, 1999.

Huriaty, D., & Gazali, R. Y. (2021). Analisis Instrumen Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Smpn 1 Hulu Sungai Tengah. 1(4)

Joni , T. Raka. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda, 2006.

Naga, Dali. S. Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma, 2002. Holland. PW & Thaycr. DT (1988). Test Validity. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers

Nana Sudjana, Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1995

Nitko, Anthony J. (1996). Educational Assessment of Students, Second Edition. Ohio: Merrill an imprint of Prentice Hall Englewood Cliffs.

Nurkancana, Wayan dan Supartana. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional, 2002

Sirait, Bistok. Bahan Pengajaran Untuk Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Depdikbud, 2009

Tilaar, A. L. F., & Hasriyanti, H. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 8(1), 57–68. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Hendrayadi, H., Kustati, M. ., & Amelia, R. . (2024). ANALISIS ULANGAN HARIAN MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 10 PADANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024 (TELAAH TERHADAP RELIABILITAS, DAYA BEDA DAN TINGKAT KESUKARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6954–6961. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29380