DAMPAK KEKERASAN VERBAL GURU TERAHDAP MOTIVASI BELAJAR SISWA : STUDI KASUS DI SEKOLAH MENNENGAH PERTAMA

Authors

  • Maya Farhanna Napitupulu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Feby Annisa Yasmin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anis Syafa Wani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ela Carmelia Mukti Sambas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azzahra Natasya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Julaika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Liyundzira Fikroh Gani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Rizki Rahmadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khoiriya Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Jauharah Jilan Situmorang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizki Putri Yunisa Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Durrah Mawaddah Srg Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29404

Keywords:

Kekerasan Verbal, Pendidikan, Siswa

Abstract

Kekerasan verbal guru terhadap siswa telah menjadi perhatian utama dalam konteks pendidikan, karena dapat memiliki dampak yang merugikan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak kekerasan verbal guru terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah pertama, serta untuk mengeksplorasi faktor-faktor penengah yang memoderasi hubungan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner motivasi belajar, wawancara dengan siswa dan guru, serta observasi di kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang menjadi korban kekerasan verbal cenderung mengalami penurunan motivasi belajar, minat terhadap pelajaran, dan kepercayaan diri dalam konteks akademis. Faktor-faktor penengah seperti dukungan sosial dan kualitas hubungan guru-siswa juga memainkan peran dalam mengurangi dampak negatif kekerasan verbal. Kesimpulannya, temuan ini menekankan pentingnya tindakan preventif dan intervensi yang efektif untuk mencegah dan mengatasi kekerasan verbal di sekolah, serta pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi bagi perkembangan siswa. 

References

Azzuhriyyah, I. S. (2024). Pengaruh stress terhadap agresivitas dimoderasi oleh regulasi emosi pada santri Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hartati, P. (2023). PENGARUH KEKERASAN VERBAL TERHADAP RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 3-6 TAHUN DI DESA DURIAN BUBUR (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).

Isnaeni Rahmat, N., Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804-3815.

Jalil, A. A. (2022). Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 1 Nuha Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA).

Khusna, N. C. Z. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa korban kekerasan seksual di sekolah dasar: Studi kasus di salah satu sekolah dasar negeri di Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Zohriah, A., Torismayanti, T., & Firdaos, R. (2024). Implementasi Strategi Manajemen Konflik untuk Mencegah Kekerasan di Sekolah. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 24-44.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Napitupulu, M. F. ., Susanti, E. ., Yasmin, F. A. ., Wani, A. S. ., Sambas, E. C. M. ., Natasya, A. ., Hasanah, N. ., Julaika, S. ., Gani, L. F. ., Rahmadhani, P. R. ., Sari, K. ., Situmorang, J. J. ., Khairani, R. P. Y. ., & Srg, D. M. . (2024). DAMPAK KEKERASAN VERBAL GURU TERAHDAP MOTIVASI BELAJAR SISWA : STUDI KASUS DI SEKOLAH MENNENGAH PERTAMA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7724–7728. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29404

Most read articles by the same author(s)