DAMPAK KEKERASAN VERBAL GURU TERAHDAP MOTIVASI BELAJAR SISWA : STUDI KASUS DI SEKOLAH MENNENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29404Keywords:
Kekerasan Verbal, Pendidikan, SiswaAbstract
Kekerasan verbal guru terhadap siswa telah menjadi perhatian utama dalam konteks pendidikan, karena dapat memiliki dampak yang merugikan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak kekerasan verbal guru terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah pertama, serta untuk mengeksplorasi faktor-faktor penengah yang memoderasi hubungan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner motivasi belajar, wawancara dengan siswa dan guru, serta observasi di kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang menjadi korban kekerasan verbal cenderung mengalami penurunan motivasi belajar, minat terhadap pelajaran, dan kepercayaan diri dalam konteks akademis. Faktor-faktor penengah seperti dukungan sosial dan kualitas hubungan guru-siswa juga memainkan peran dalam mengurangi dampak negatif kekerasan verbal. Kesimpulannya, temuan ini menekankan pentingnya tindakan preventif dan intervensi yang efektif untuk mencegah dan mengatasi kekerasan verbal di sekolah, serta pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi bagi perkembangan siswa.References
Azzuhriyyah, I. S. (2024). Pengaruh stress terhadap agresivitas dimoderasi oleh regulasi emosi pada santri Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Hartati, P. (2023). PENGARUH KEKERASAN VERBAL TERHADAP RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 3-6 TAHUN DI DESA DURIAN BUBUR (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).
Isnaeni Rahmat, N., Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804-3815.
Jalil, A. A. (2022). Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 1 Nuha Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA).
Khusna, N. C. Z. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa korban kekerasan seksual di sekolah dasar: Studi kasus di salah satu sekolah dasar negeri di Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Zohriah, A., Torismayanti, T., & Firdaos, R. (2024). Implementasi Strategi Manajemen Konflik untuk Mencegah Kekerasan di Sekolah. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 24-44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maya Farhanna Napitupulu, Eka Susanti, Feby Annisa Yasmin, Anis Syafa Wani, Ela Carmelia Mukti Sambas, Azzahra Natasya, Nur Hasanah, Siti Julaika, Liyundzira Fikroh Gani, Putri Rizki Rahmadhani, Khoiriya Sari, Jauharah Jilan Situmorang, Rizki Putri Yunisa Khairani, Durrah Mawaddah Srg
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.