ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INGGRIS PADA SALAH SATU SEKOLAH DI SUMATERA UTARA

Authors

  • Syarifah Widya Ulfa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Maya Farhanna Napitupulu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Liyundzira Fikroh Gani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sonia Sabilla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurasiah Anggini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lutfi Putri Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yusriani Yusriani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34373

Keywords:

Kompetensi Guru, Kompetensi Pedagogik, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sumatera Utara. Menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini melibatkan dua guru bahasa Inggris sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi dan kesamaan dalam kompetensi pedagogik yang diterapkan oleh kedua guru. Perbedaan terlihat dalam aspek perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, metode pengajaran keterampilan berbicara, dan pengembangan materi ajar. Sementara itu, kesamaan ditemukan dalam penanganan perbedaan kemampuan siswa dan kesadaran akan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran. Kedua guru menunjukkan fleksibilitas dalam pendekatan pengajaran, kesadaran akan kebutuhan individual siswa, dan komitmen terhadap penggunaan teknologi. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya variasi dalam pendekatan pedagogik untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar dan kebutuhan siswa.

References

Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagodik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Dengan Kontrol Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg, S. (2006). The distinctive characteristics of foreign language teachers. Language Teaching Research, 10(1), 3-31.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skills and competencies in primary education. International Journal of Instruction, 11(3), 1-16.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st-century teacher education. Journal of Teacher Education, 57(3), 300-314.

Dudeney, G., Hockly, N., & Pegrum, M. (2013). Digital literacies. Pearson Education.

Häkkinen, P., Järvelä, S., Mäkitalo-Siegl, K., Ahonen, A., Näykki, P., & Valtonen, T. (2017). Preparing teacher-students for twenty-first-century learning practices (PREP 21): a framework for enhancing collaborative problem-solving and strategic learning skills. Teachers and Teaching, 23(1), 25-41.

Hattie, J. (2003). Teachers Make a Difference: What is the research evidence? Australian Council for Educational Research Annual Conference.

Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Kumaravadivelu, B. (2012). Language teacher education for a global society: A modular model for knowing, analyzing, recognizing, doing, and seeing. Routledge.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Sage Publications.

Muhammad Afandi, S. W. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru SD Di Uptd Pendidikan Banyumanik Kota Semarang. Elementary.

Mulyasa, E. (2007). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrul. (2012). Profesi Dan Etika Keguruan. Aswaja Pressindo.

OECD. (2023). OECD Future of Education and Skills 2030. https://www.oecd.org/education/2030-project/

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). Sage Publications.

Richards, J. C. (2017). Teaching English through English: Proficiency, pedagogy and performance. RELC Journal, 48(1), 7-30.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2011). Kemampuan Professional Dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, metode dan produser. Kencana.

Selvi, K. (2010). Teachers' competencies. Culture International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, 7(1), 167-175.

Shulman, L. S. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1-23.

Sumiarsi, N. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Pengembangan Pembelajaran Guru.

Suvanto, A. J. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Erlangga.

van Laar, E., van Deursen, A. J., van Dijk, J. A., & de Haan, J. (2020). Determinants of 21st-century skills and 21st-century digital skills for workers: A systematic literature review. Sage Open, 10(1), 2158244019900176.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Ulfa, S. W. ., Napitupulu, M. F. ., Gani, L. F. ., Sabilla, S. ., Anggini, N. ., Khairani, L. P. ., & Yusriani, Y. (2024). ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA INGGRIS PADA SALAH SATU SEKOLAH DI SUMATERA UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 11310–11316. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34373

Most read articles by the same author(s)