PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL AWWAL PALEMBANG

Authors

  • Tiara Widya Anggraini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dwi Putri Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Anastasia Putri Sakinah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Aisyah Safitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Saipul Annur Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28857

Keywords:

Game Based Learning, Pemahaman Belajar, SD/MI

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh metode game based learning terhadap pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Masing-masing peserta didik diberikan soal dalam bentuk google form (posttest) dan aplikasi wordwall (pretest) untuk diberikan menggunakan metode game based learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang memakai banyak angka baik dari pengumpulan data, analisis sampai hasil akhir data. Hasil penelitian menggunakan paired samples statistics diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0,05, maka  ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pre Test dengan Post Test yang artinya ada pengaruh metode game based learning terhadap pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MI Al Awwal Palembang.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Anggraini, T. W. ., Febriyanti, D. P. ., Sakinah , A. P. ., Safitri, A., & Annur, S. . (2024). PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL AWWAL PALEMBANG . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6760–6768. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28857