PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL AWWAL PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28857Keywords:
Game Based Learning, Pemahaman Belajar, SD/MIAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh metode game based learning terhadap pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Masing-masing peserta didik diberikan soal dalam bentuk google form (posttest) dan aplikasi wordwall (pretest) untuk diberikan menggunakan metode game based learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang memakai banyak angka baik dari pengumpulan data, analisis sampai hasil akhir data. Hasil penelitian menggunakan paired samples statistics diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pre Test dengan Post Test yang artinya ada pengaruh metode game based learning terhadap pemahaman belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MI Al Awwal Palembang.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiara Widya Anggraini, Dwi Putri Febriyanti, Anastasia Putri Sakinah , Aisyah Safitri, Saipul Annur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.