ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA BERKEBINEKAAN GLOBAL DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN CITIZENSHIP SISWA SD/MI

Authors

  • Jeny Talia UIN Raden Fatah Palembang
  • Amrina Rosyada UIN Raden Fatah Palembang
  • Erin Pebriani UIN Raden Fatah Palembang
  • Ayu Lestari UIN Raden Fatah Palembang
  • Saipul Annur UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28721

Keywords:

Citizenship, Pancasila, Siswa

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana Kurikulum Merdeka, khususnya pada aspek berkebinekaan global dalam Profil Pelajar Pancasila, dapat mengembangkan keterampilan citizenship siswa SD/MI. Metode yang digunakan adalah Library Research. Library Research ini metode pengumpulan data yang memeriksa dan mempelajari teori-teori yang ada dalam literatur yang berkaitan dengan penelitian.  Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan profil pelajar Pancasila secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan citizenship siswa, khususnya dalam aspek berkebinekaan global. Jika nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam pendidikan, itu tidak hanya meningkatkan prestasi akademik siswa, tetapi juga membentuk karakter yang baik. Namun, masih ada masalah untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila secara efektif dalam proses pembelajaran, serta memerlukan kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami kompleksitas pengembangan keterampilan citizenship siswa di era globalisasi melalui implementasi Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila.

References

Assidiqi, H. (2015). Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 237–242.

Aulia Fitriani Munthe , Miftahul Jannah Harahap, Yasmina Fajri.(2023). Tujuan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset. 1(1). hlm. 13

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Dini Irawati1, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah,dan Bambang Samsul Arifin. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 1224-1238

Hamid, S. I., Indonesia, U. P., & Abdillah, F. (2018). Mengurai Konstelasi Filosofis Pancasila Melalui Literasi Budaya Kewarganegaraan Dan Literasi Digital Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional UPI Kampus Cibiru 2018 | ISBN 978-602-74167-6-5 | e-ISBN 978-602-74167-7-2 MENGURAI, (January). Bandung.

Kusnadi (2023). Merdeka Belajar Dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan : Suatu Alternatif Pembinaan Siswa Menjadi Warganegara Yang Sadar Hak dan Kewajibannya. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Universitas Terbuka UTCC, Tangerang Selatan, Banten, 18 November 2023 Vol. 15, No. 1, hal 415 – 429 ISSN: 2528-1593

Khovifa, N., Lumbantoruan, J. I., Sinaga, D. Y., Nasution, P. S., & Pika, D. (2024). Analisis Nilai – Nilai yang Terkandung dalam Pancasila dalam Penerapannya pada Profil Pancasila di SDN 104207 Cinta Damai T . P 2022 / 2023. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1–9.

Musdalifah. (2023). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pencegahan Agresivitas pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL BASICEDU, 7(6), 4149–4156.

Santosa, S., & Zaenuri. (2022). Analisis Materi Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1495–1504.

Syaodih, Sukmadinata, and Nana. 2009. Journal of Chemical Information and Modeling Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktek.

Assidiqi, H. (2015). Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 237–242.

Aulia Fitriani Munthe , Miftahul Jannah Harahap, Yasmina Fajri.(2023). Tujuan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset. 1(1). hlm. 13

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Dini Irawati1, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah,dan Bambang Samsul Arifin. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 1224-1238

Hamid, S. I., Indonesia, U. P., & Abdillah, F. (2018). Mengurai Konstelasi Filosofis Pancasila Melalui Literasi Budaya Kewarganegaraan Dan Literasi Digital Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional UPI Kampus Cibiru 2018 | ISBN 978-602-74167-6-5 | e-ISBN 978-602-74167-7-2 MENGURAI, (January). Bandung.

Kusnadi (2023). Merdeka Belajar Dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan : Suatu Alternatif Pembinaan Siswa Menjadi Warganegara Yang Sadar Hak dan Kewajibannya. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Universitas Terbuka UTCC, Tangerang Selatan, Banten, 18 November 2023 Vol. 15, No. 1, hal 415 – 429 ISSN: 2528-1593

Khovifa, N., Lumbantoruan, J. I., Sinaga, D. Y., Nasution, P. S., & Pika, D. (2024). Analisis Nilai – Nilai yang Terkandung dalam Pancasila dalam Penerapannya pada Profil Pancasila di SDN 104207 Cinta Damai T . P 2022 / 2023. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1–9.

Musdalifah. (2023). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pencegahan Agresivitas pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL BASICEDU, 7(6), 4149–4156.

Santosa, S., & Zaenuri. (2022). Analisis Materi Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1495–1504.

Syaodih, Sukmadinata, and Nana. 2009. Journal of Chemical Information and Modeling Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktek.

Assidiqi, H. (2015). Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 237–242.

Aulia Fitriani Munthe , Miftahul Jannah Harahap, Yasmina Fajri.(2023). Tujuan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset. 1(1). hlm. 13

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Dini Irawati1, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah,dan Bambang Samsul Arifin. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1), 1224-1238

Hamid, S. I., Indonesia, U. P., & Abdillah, F. (2018). Mengurai Konstelasi Filosofis Pancasila Melalui Literasi Budaya Kewarganegaraan Dan Literasi Digital Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional UPI Kampus Cibiru 2018 | ISBN 978-602-74167-6-5 | e-ISBN 978-602-74167-7-2 MENGURAI, (January). Bandung.

Kusnadi (2023). Merdeka Belajar Dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan : Suatu Alternatif Pembinaan Siswa Menjadi Warganegara Yang Sadar Hak dan Kewajibannya. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Universitas Terbuka UTCC, Tangerang Selatan, Banten, 18 November 2023 Vol. 15, No. 1, hal 415 – 429 ISSN: 2528-1593

Khovifa, N., Lumbantoruan, J. I., Sinaga, D. Y., Nasution, P. S., & Pika, D. (2024). Analisis Nilai – Nilai yang Terkandung dalam Pancasila dalam Penerapannya pada Profil Pancasila di SDN 104207 Cinta Damai T . P 2022 / 2023. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1–9.

Musdalifah. (2023). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pencegahan Agresivitas pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL BASICEDU, 7(6), 4149–4156.

Santosa, S., & Zaenuri. (2022). Analisis Materi Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1495–1504.

Syaodih, Sukmadinata, and Nana. 2009. Journal of Chemical Information and Modeling Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktek

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Talia, J. ., Rosyada, A. ., Pebriani, E. ., Lestari, A., & Annur, S. . (2024). ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA BERKEBINEKAAN GLOBAL DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN CITIZENSHIP SISWA SD/MI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6753–6759. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.28721