PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hidayah Hidayah Universitas Cenderawasih
  • Mokhammad Wahyudin Institut Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon
  • Ratna Novita Punggeti Universitas Wiraraja
  • Dina Mayadiana Suwarma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suyuti Suyuti Universitas Negeri Jakarta
  • Lindawati Lindawati Institut Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon
  • Bernardus Agus Rukiyanto Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28101

Keywords:

Teknologi Pendidikan, Efektivitas Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Dalam era digital saat ini, integrasi teknologi dalam pendidikan telah menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan teknologi pendidikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar melalui metode studi literatur. Analisis literatur menunjukkan bahwa teknologi pendidikan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa, membantu guru dalam manajemen kelas, serta mendorong pembelajaran kolaboratif. Simulasi dan animasi memudahkan siswa dalam memahami konsep-konsep yang kompleks, sementara aplikasi berbasis permainan meningkatkan motivasi belajar mereka. Platform manajemen kelas digital membantu guru mengorganisir materi pembelajaran dan memantau perkembangan siswa secara real-time. Namun, tantangan dalam implementasi teknologi meliputi kesenjangan akses dan kesiapan guru dalam menggunakan teknologi. Dukungan dari pemerintah, sekolah, dan orang tua sangat penting untuk mengatasi tantangan ini dan memaksimalkan manfaat teknologi pendidikan. Penelitian ini menyarankan penyediaan akses teknologi yang merata, pelatihan berkelanjutan bagi guru, dan kebijakan yang mendukung integrasi teknologi dalam kurikulum. Dengan upaya yang komprehensif, teknologi pendidikan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan inklusif.

References

Abdollah. (2020). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: UNJ Press.

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Ayu, P.E.S. (2019). “Keterampilan Belajar dan Inovasi Abad 21 pada Era Revolusi In-dustri.” Jurnal Purwadita. Volume 3, Nomor 1. Halaman 77-83.

Danim, Sudarwan dan Suparno. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Transforma-sional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Della, Ainia Khoirul. (2020). ”Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter”. Jurnal Filsafat Indone-sia, Volume 3, Nomor 3. Halaman 32-41.

Endriana, Y., Arifin, Z., & Handayani, S. R. (2014). “Pengaruh Knowledge Manage-ment dan Strategic Partner Human Resources Terhadap Perencanaan Strategik dan Kinerja Organisasi. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 8, Nomor 2. Halaman. 1–8.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah.” Jurnal Basicedu. Volume 5, Nomor 4. Halaman 2247–2255.

Haryono, Cosmas Gatot. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Sukabumi: Penerbit Jejak.

Iskandar, U. (2014). “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Volume 10, Nomor 1. Halaman 121-130.

Kemendikbud. (2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maulida. (2021). Manajemen Strategik. Bandung: Media Sains Indonesia.

Mukminin, Amirul. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Yog-yakarta: UNY Press.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu, Restu. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Peng-gerak.” Jurnal Basicedu, Volume 6, Nomor 4. Halaman 65-73.

Downloads

Published

2024-05-10

How to Cite

Hidayah, H., Wahyudin, M. ., Punggeti, R. N. ., Suwarma, D. M. ., Suyuti, S., Lindawati, L., & Rukiyanto, B. A. . (2024). PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5456–5462. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28101