PENGARUH METODE DISKUSI KELAS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGANALISIS ISU-ISU SOSIAL KONTEMPORER
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38576Keywords:
Metode Diskusi Kelas, Kemampuan Analisis, Isu Sosial KontemporerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode diskusi kelas terhadap kemampuan siswa dalam menganalisis isu-isu sosial kontemporer. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai penelitian terdahulu yang relevan dengan topik ini. Diskusi kelas dianggap sebagai metode pembelajaran aktif yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, memperdalam pemahaman mereka terhadap isu sosial, serta memfasilitasi keterlibatan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskusi kelas memiliki pengaruh positif dalam mengembangkan kemampuan analisis siswa terhadap isu-isu sosial kontemporer. Selain itu, diskusi kelas juga memberikan peluang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi, yang sangat penting dalam dunia sosial yang semakin kompleks. Namun, tantangan dalam penerapan diskusi kelas, seperti ketimpangan partisipasi dan kurangnya fasilitasi yang efektif dari guru, dapat mempengaruhi hasil yang dicapai. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik memperoleh pelatihan untuk meningkatkan keterampilan fasilitasi dan memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan inklusivitas dalam diskusi kelas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam membekali siswa dengan keterampilan analisis sosial yang dibutuhkan di era kontemporer.References
Andriani, L., Atmaja, H. T., Suharini, E., & Andaryani, E. T. (2024). MENJELAJAH DAMPAK GLOBALISASI BERBASIS METODE FIELD TRIP BAGI SISWA SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 1135–1228.
Bangun, D. (2022). Studi kasus: Pengaruh pendidikan kewarganegaraan terhadap kesadaran sosial mahasiswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2).
Damanik, F. H. S. (2023). Mengembangkan Keterampilan Resolusi Konflik melalui Pembelajaran Sosiologi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Menegah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 983–992.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Dinamika Sosial Dalam Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(2), 45–67.
Fikri, M. A. (2024). Pendidikan Islam dan Pembentukan Identitas Muslim di Era Globalisasi. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 149–156.
HABIB, A., & BASRI, S. (2023). INTEGRASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM STUDI ISLAM: MENUJU KEUNGGULAN AKADEMIS. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(5), 59–65.
Hidayah, M. U., & Jumadi, J. (2023). Filsafat Pedagogi Kritis dalam Pendidikan IPA. Samarinda: CV. Bo’Kampong Publishing (BKP).
Kurdi, M. S. (2018). Madrasah Ibtidaiyah dalam Pandangan Dunia: Isu-Isu Kontemporer dan Tren dalam Pendidikan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 231–248.
Lathifah, I., Fungkiuudin, H., Trisnaningtyas, R., Setiawan, R. Y., Alfiyah, N. A., & Muthoharoh, L. (2023). Tantangan implementasi kurikulum pendidikan IPS di era globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223.
Nasution, F. R. (2024). MENGGALI POTENSI SOSIAL DI SEKOLAH DASAR: STRATEGI PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENANGANI ISU-ISU KONTEMPORER. IJEDUCA: International Journal of Education, Social Studies and Counseling, 2(1).
Pratiwi, D. K., & Maknun, L. (2024). PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(4), 1772–1776.
Pratiwi, O. M. P. R. (2024). PEMANFAATAN TRADISI LISAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 4(1), 158–166.
Putri, E. E., & Kholik, A. (2024). Isu-Isu Problematis yang Dihadapi dalam Pembelajaran Rumpun Keagamaan (Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah). NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 52–70.
Shoba, T. M., Hardianti, R. D., & Pamelasari, S. D. (2023). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issue (Ssi) Berbantuan Modul Elektronik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Proceeding Seminar Nasional IPA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukma, N. K. (2024). Filsafat Pendidikan Dalam Menanggapi Perundungan Sebagai Bentuk Penindasan. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(2).
Sumantri, P. P. (2019). Pembelajaran Sejarah Kritis dalam Materi Pengaruh Revolusi Industri di Eropa Terhadap Perubahan di Indonesia. Zait Geist: Jiwa Zaman, 2(1), 1–9.
Wahid, L. (2023). Peran guru agama dalam menanamkan kesadaran sosial pada siswa di sekolah menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 605–612.
Wibowo, R. N. R. A., & Suyato, S. (2021). PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTUAN MAJALAH DINDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN REFLEKTIF. AGORA, 10(2), 154–165.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mokhammad Wahyudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.