IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AN-NUR SUMENEP

Authors

  • Suyuti Suyuti Universitas Negeri Jakarta
  • Devi Septiandini Universitas Negeri Jakarta
  • Ike A rriyani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33542

Keywords:

Problem Based Learning,Keterlibatan Siswa, Pemahaman Materi, Pendidikan Sosiologi

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran sosiologi di Madrasah Aliyah Swasta An-Nur Sumenep dengan tujuan utama untuk meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman materi, kemampuan berpikir kritis, motivasi siswa, dan kualitas diskusi serta proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, tes, wawancara, dan penilaian tugas proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berdampak positif dengan peningkatan signifikan pada semua indikator yang diamati. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran meningkat dari 60% menjadi 85%, sedangkan pemahaman materi terlihat dari kenaikan nilai rata-rata tes dari 70 menjadi 85. Kemampuan berpikir kritis dan motivasi siswa juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Selain itu, kualitas diskusi dan proyek siswa mengalami peningkatan dari kategori “cukup” menjadi “baik”. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL berhasil membuat proses pembelajaran sosiologi lebih interaktif dan relevan. Penelitian ini menyarankan penerapan metode PBL dalam konteks pendidikan lainnya untuk mencapai hasil yang lebih optimal, memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif.

References

Anggela, R., Eviliyanto, E., & Rina, R. (2021). Pengaruh penggunaan video terintegrasi model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan geografi. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), 102-114. https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.2260

Frisye, R. S. (2022). Model project based learning dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia yang kreatif dan inovatif.. https://doi.org/10.31219/osf.io/4tsdc

Hariyono, h. (2021). Peningkatan hasil belajar ipa materi konduktor dan isolator metode discovery learning siswa kelas vi sdn cemani 03 tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 30(2), 261. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1542

Marlina, P., Sunaryo, Y., & Zamnah, L. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. J-Kip (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 183. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8855

MUJIBURRAHMAN, M., Suhardi, M., & HADIJAH, S. (2023). Implementasi model pembelajaran project base learnig di era kurikulum merdeka. Community Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91-99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Nur, D. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran sosiologi. JPdP, 3(2), 71-79. https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i2.327

Prasetia, A. and Sylvia, I. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan media quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas x sman 1 lembah melintang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(4), 332-339. https://doi.org/10.24036/nara.v2i4.174

Purwanto, D. and U.S, S. (2023). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis problem based learning pelajaran fisika pada siswa kelas x smk mahadhika 2 jakarta timur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 528-547. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i6.1869

Ramadanti, M., Imran, I., Ramadhan, I., Asriati, N., & Hidayah, R. A. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran sosiologi model pbl berbasis aplikasi google classroom kelas xi iis 1 di sma negeri 6 pontianak. Jurnal Eduscience, 9(2), 336-349. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2744

Rifai, A. (2021). Pengaruh model pbl terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kam siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 60-68. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6950

Susino, S. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas x sma. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53-61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2918

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Suyuti, S., Septiandini, D. ., & rriyani, I. A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AN-NUR SUMENEP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13809–13814. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.33542

Most read articles by the same author(s)