PERAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KENAKALAN SANTRI DI PONPES MODERN AN-NURSALI BINJAI

Authors

  • Armayuza Yunita Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Hemawati Hemawati Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27208

Keywords:

Kenakalan Santri, Layanan Konseling, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang “Peran Layanan Konseling Individu Dalam Mengatasi Kenakalan Santri di Ponpes Modern An-Nursali Binjai”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran layanan konseling individu dalam mengatasi kenakalan santri, sehingga para santri mampu memanfaatkan layanan konseling individu dengan sebaik mungkin untuk membantu mengatasi permasalahan didalam dirinya agar dapat memperoleh hasil belajar yang baik dan juga memiliki kepribadian yang baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengambil data di lapangan yakni di Ponpes Modern An-Nursali Binjai. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menampilkan data sesuai dengan fakta pada saat melakukan observasi. Alasan peneliti memilih penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang diamati di lapangan dengan lebih spesifik dan transparan.  Peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan pengasuh pondok pesantren yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan layanan konseling individu serta para santri yang pernah mengikuti layanan konseling individu. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Layanan Konseling Individu memiliki peran yang sangat penting dalam membantu setiap santri dalam menghadapi permasalahan pada dirinya. Para santri yang pernah mengikuti layanan konseling individu terlihat ada perubahan dalam kesehariannya menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu ini, memiliki peran yang sangat penting dalam menyelesaikan permasalahan pada diri santri dan dapat menjalin komunikasi yang baik antara para santri dengan pengasuh pondok pesantren sehingga santri tidak lagi melakukan kenakalan di lingkungan Ponpes Modern An-Nursali Binjai.

References

Amiluddin. (2020). Konseling Individu membentuk Pribadi Berkarakter Siswa di SMA Negeri 2 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7 (2), 103–113.

Dewany, R., Hariko, R., & Karneli, Y. (2023). Teknik Penstrukturan Dalam Layanan Konseling Individual. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Psikologi, 3 (2), 62–69.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2 (1), 40–52.

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2 (1), 42–54.

Holid, S. (2023). Pendidikan ’Aqidah: Kajian tentang Sumber, Penyebab Penyimpangan dan Solusi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (02), 559–612.

Hemawati, Hsb, R. H., & Yunita, A. I. (2022). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kompetensi Guru Mengajar di MTs Swasta Dewantara Batu VI Kebun Balok Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Educanmedia: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 1 (1), 1–9.

Maryani, Warisno, A., Iqbal, R., & Sarpendi. (2022). Strategi Dewan Pengurus Dalam Menanggulangi Kenakalan Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan Tahun 2021/2022. UNISAN JOURNAL: JURNAL MANAJEMEN & PENDIDIKAN ISLAM, 01 (04), 74–82.

Nasrudin, M. (2020). Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Santri di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Tapak Sunan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Priatmoko, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren Di Madrasah. MIDA?: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4 (1), 1–10.

Rahmatullah, A. S., & Purnomo, H. (2020). Kenakalan Remaja Kaum Santri di Pesantren (Telaah Deskriptif-Fenomenologis. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (2), 222–245.

Rezi, S., & Komariah. (2020). Peran Guru BK Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa. IJoCE?: Indonesia Journal of Counceling and Education, 1 (2), 24–28.

Rifa’i, F., & Santosa, B. (2020). Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Untuk Penanganan Kenakalan Remaja Di Yayasan Pondok Pesantren Yatim Hajjah Patisah Surakarta. Academic Journal of Psychology and Counceling, 1 (1), 35–45.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta CV

Virera, D. R. A., Mawadati, K., Lestari, I., & Hidayati, R. (2023). Peran Konselor Sekolah Dalam Membangun Etika Siswa Generasi Alpha. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7 (2), 36–42.

Wulandari, M., & Wahyuningsih, R. (2021). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Akhlak Siswa di MAN 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Rayah Al-Islam: Jurnal Ilmu Islam, 5 (1), 157–163

Zunidar. (2021). Peran Konseling Individual Dalam Pembinaan Konsep Diri Positif Peserta Didik. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, IV (1), 1–11.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Yunita, A. ., & Hemawati, H. (2024). PERAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KENAKALAN SANTRI DI PONPES MODERN AN-NURSALI BINJAI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4562–4568. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27208