PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MTS AL WASHLIYAH SELESAI

Authors

  • Aisyah Alda Institut Syekh Abdul Halim Hasan, Binjai
  • Hemawati Hemawati Institut Syekh Abdul Halim Hasan, Binjai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27210

Keywords:

Mind Mapping, Pendidikan, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh metode Mind Mapping pembelajaran Pembelajaran PAI di MTs Al Washliyah Selesai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Mind Mapping dalam pembelajaran PAI di MTs Al Washliyah Selesai berhasil atau tidaknya pengaruh metode tersebut. Tujuan Penelitian ini untuk membuktikan bahwasanya dengan adanya menerapkan metode Mind Mapping dalam pembelajaran pai di Sekolah. Dengan diterapkannya metode Mind Mapping pengaruhnya dapat merangsang kinerja otak siswa agar lebih aktif di kelas, dan mampu berdiskusi dengan baik, dan juga dapat memecahkan masalah dengan adanya diskusi bersama teman. Di dalam penelitian ini dapat dibuktikan bahwasanya salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah menggunakan metode Mind Mapping didalam pembelajaran PAI. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode Mind Mapping pada pembelajaran PAI di MTs Al Washliyah Selesai terlaksana dengan baik dan menyenangkan bagi siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan dari penerapan metode Mind Mapping pada pembelajaan PAI membuat siswa lebih bisa berfikir kritis. Dengan menggunakan metode ini dapat menghasilkan siswa aktif, kreatif dan inovatif dalam menghadapi berbagai masalah, serta dapat berdiskusi dan menghargai pendapat teman satu sama lain, meningkatkan kinerja otak siswa dalam pembelajaran. Bukan hanya menggunakan metode diskusi ini saja , guru juga pun harus mampu memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran agar semakin maksimal.

References

Abdillah Faiz, T. M. (2019). Pemanfaaan Media Moodle dan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Blitar. Intelektual: JurnalPendidikan Dan Studi Keislaman, 9(1).

Aji Sugeng. (2022). Mind Mapping Pada Pembelajaran Agama Islam Materi Asmaul Husna. Al-BAHRU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Cahyani Merlin, L. L. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran PAI Di Kelas XI SMK KARYA GUNA 1 Bekasi. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 131–144.

Fu’adah Shofwatul. (2021). Penggunaan Strategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah, 2(1).

Handari Aulia, S. E. (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Berpikir kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ips. JURNAL PERSEDA, 6(1), 33–39.

Hidayat Heri, Mulyani Heny, Fatimah Ajeng, Sholihat Amalia, L. A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan KreativitasPada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50.

Jannah Miftahul. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas XI SMK. Arus Jurnal Pendidikan (AJUP), 1(3).

Karim Abdul. (2017). Efektifitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. Journal of Sosial Science Teahing, 1(1).

Kustian Nina. (2021). Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ACADEMIA?: Jurnal Riset Akademik, 1(1).

Muis Andi, K. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di UPTS SMP Muhammadiyah Parepare. Al- Ibrah, 12(1), 37–50.

Najari Muhammad, Rahmadi, C. (2022). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak di MTs Hubbul Wathan Desa Namu Ukur Utara Kec. Sei Bingai Kab. Langkat. Alfatani Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 25–31.

Nuna Mura, Bano Vidriana, N. Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Di SMA Negeri 1 Paberiwai. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9).

Nurazizah Erika,Nuraeni Yeti, wahyudin, F. (2021). penerapan multimedia interaktif mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Rahmi Elvi. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping ( Peta Pikir) Dalam Pembelajaran Agama Islam. El- Rusyd, 5(2).

Safitri Dyah. (2016). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N Balangan 1. Jurna Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(5).

Satriyadi, Hemawati, P. R. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Hadist Riwayat Bukhari (Setiap Anak Dilahirkan Dalam Keadaan Fitrah). Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 44–63.

Suparman Ira Wulandari, Eliyanti Marlina, H. E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi Dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Usman, Amri Muhammad, H. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Bahan Ajar Mind Mapping Untuk Membangun Kemampuan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 9 Kab. Maros. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 8(1).

Yahya Fizian, S. B. (2022). Penerapan Mind Mapping Sebagai Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPS Pada Siswa Kelas VII MTs Manba Ul Bayan. At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang NTB, 2(1).

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Alda, A. ., & Hemawati, H. (2024). PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MTS AL WASHLIYAH SELESAI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4569–4576. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27210