PENERAPAN TEKNIK MODELLING DALAM PEMBINAAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C MUZDALIFAH MEDAN

Authors

  • Rika Widya Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Salma Rozana Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Muhammad Yunan Harahap Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Noviar Panggabean Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26475

Keywords:

Bina diri, Meningkatkan Kemandirian, Anak Tunagrahita,

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan teknik modelling dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) C Muzdalifah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan empat anak tunagrahita sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama periode penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik modelling secara konsisten dan terarah efektif dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita. Melalui pendekatan ini, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara mandiri. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya memperhatikan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk anak tunagrahita guna memfasilitasi perkembangan kemandirian mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan yang terfokus pada kebutuhan individu anak tunagrahita, serta perluasan penggunaan teknik modelling sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan kemandirian mereka di lingkungan pendidikan inklusif. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami secara lebih mendalam dampak teknik modelling terhadap perkembangan kemandirian anak tunagrahita.

References

ADAWIYAH, S. A. S. (2021). PENDIDIKAN KETERAMPILAN HIDUP BAGI ANAK TUNAGRAHITA di SLB RIMBA ASAM BETUNG. Jurnal Sosialita, 16(2).

Afif, N. (1970). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129.

Ardiyanto, S. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MELALUI ANALISIS TUGAS PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 1 di SLB LIMAS PADANG. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(2). https://doi.org/10.24036/JUPE32450.64

Azizah, Z., & Kasiyati. (2022). Efektivitas Keterampilan Memasang Alas Kasur Melalui Metode Modeling pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1), 25–32. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119596

Choiroh, U. (2020). Program Khusus Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Tunagrahita di SDLBN Patrang Kabupaten Jember.

Fajrotuz Zahro, I. (2018). Pengaruh Bina Diri untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLBN Sumbang III Bojonegoro. Attanwir?: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 9(2), 18–28.

Jubaedah, S., Latifah, S., & Purnomo, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Dengan Menggunakan Media Model Teman Sekelas Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Eduscotech, 1(1). https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/39

Makhmudah, S. (2018). PENGUATAN PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2).

Masganti. (2010). Optimalisasi Kompetensi Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.24832/JPNK.V16I1.426

Novita Sari, R. (2013). Efektivitas Pelaksanaan Program Pembinaan dan Pendidikan Anak Tunagrahita di SLB-C Yayasan Pembinaan Anak Cacat di Kota Medan. Welfare State, 2(2), 222018. https://www.neliti.com/publications/222018/

Rohayati, T. (2018). PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.17509/CD.V4I2.10392

samiudin, S. (2017). KEDUDUKAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT ALQUR’AN. Pancawahana?: Jurnal Studi Islam, 12(2), 1–14.

Supriyanti, D., Herdianti, T., & Fitriyanti, I. (2024). PENGEMBANGAN BAKAT DAN KREATIVITAS ANAK. Jurnal Evaluasi Pendidikan (JEP), 6(1).

Sz?cs, T., & Juhász, E. (2023). The Role of Music Education in Childhood. Acta Educationis Generalis, 13(2), 30–49. https://doi.org/10.2478/ATD-2023-0012

Yosiani, N. (2014). Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita Dengan Pola Tata Ruang Belajar di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111–124.

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Widya, R. ., Rozana, S. ., Harahap, M. . Y. ., & Panggabean, N. . (2024). PENERAPAN TEKNIK MODELLING DALAM PEMBINAAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C MUZDALIFAH MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3420–3426. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26475