STRATEGI KEPALA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN GURU DAN STAF PEGAWAI DI SMP IT NURUL AZIZI

Authors

  • Semiana Hasibuan Universitas Al-Washliyah Medan
  • Abdul Halim Universitas Al-Washliyah Medan
  • Agus Sofyan Salim Nasution Universitas Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27085

Keywords:

Koperasi, Kesejahteraan Guru, Strategi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh kepala koperasi di SMP IT Nurul Azizi dalam meningkatkan kesejahteraan guru dan staf pegawai. Mengingat peran vital koperasi sebagai lembaga yang dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan anggotanya, penelitian ini mengambil lokus di koperasi yang berada di lingkungan sekolah. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap kepala koperasi, guru, staf pegawai, serta dokumen-dokumen terkait operasional koperasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya meliputi: (1) pengembangan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota, (2) pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, (3) peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan dan pembinaan, (4) pemanfaatan teknologi informasi dalam operasional koperasi, dan (5) kerjasama dengan pihak eksternal untuk memperluas jaringan dan sumber pendapatan. Temuan ini mengindikasikan bahwa melalui implementasi strategi-strategi tersebut, koperasi di SMP IT Nurul Azizi berhasil meningkatkan kesejahteraan guru dan staf pegawai, yang tidak hanya tercermin dari aspek finansial, tetapi juga pengembangan profesional dan kepuasan kerja. Implikasi penelitian ini merekomendasikan bahwa koperasi sekolah lain dapat mengadopsi dan menyesuaikan strategi-strategi tersebut sesuai dengan konteks dan kebutuhan spesifik mereka untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

References

Alfina, & Alfina. (2010). PENGARUH PERTAMBAHAN DANA DAN BESARNYA GAJITERHADAP Jumlah PEMBERIAN KREDIT SIMPAN PINJAM PADAKPRI GURU JAYA SAMPANG MADURA. Null.

Binti, A. W. N., & Binti, A. W. N. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “DWIJA” KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR. Null.

Boni, S. (2015). DIBALIK KEBERHASILAN KOPERASI PEGAWAI RI (KPRI) PAYAKUMBUHUTARA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU. Null. https://doi.org/null

Cahyana, D., & Cahyana, D. (2012). SISTEM KEPEMIMPINAN KOPERASI SEKOLAH DALAMMELAKSANAKAN AMANAT RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (R.A.T)Studi Kasus Koperasi Guru dan Karyawan di SMAN 1 BabakanKabupaten Cirebon Periode 2010-2011. Null. h

Darma, H. (2023). SUPERVISI PENGAJARAN SEBAGAI ALAT MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan.

Hamidi, F. (2014). MANAJEMEN TENAGA PENDIDIKDI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI UJUNGTANJUNG KECAMATAN TANAH PUTIHKABUPATEN ROKAN HILIR. Null. https://doi.org/null

Jakarta, A. A. P. S. N. M., & Jakarta, A. A. P. S. N. M. (2015). Rancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Guru Dan Pegawai SMP Negeri 45 Jakarta. Null.

Matthew B. Miles, & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber tentang Metode-Metode Bau (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). UI-Press.

Minullah, M., & Minullah, M. (2020). MEMBERDAYAKAN KOPERASI SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SITUBONDO UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PESERTA DIDIK. INTEGRITAS?: Jurnal Pengabdian.

Najad, U., & Najad, U. (2014). Implementasi Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal An-Nur Prima Kota Medan. Null. https://doi.org/null

Permana, A. A., Permana, A. A., & Permana, A. A. (2018). Rancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Guru Dan Pegawai SMP Negeri 45 Jakarta. Null.

Septiarti, E., & Septiarti, E. (2017). Peran koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan dan minat berwirausaha pada guru( studi kasus pada smkn 4 kabupaten tangerang ). Null.

Sukartini, Sukartini, Sukartini, & Sukartini. (2020). Aplikasi Sistem Pencatatan Akuntansi Dan Pengendalian Internal Pada Koperasi Serba Usaha Dimasa Pandemi Covid-19. Null.

Utomo, P., & Utomo, P. (2005). Sistem Database Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Harapan Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Dengan Program Visual Basic 6.0. Null.

Wibawani, S., & Wibawani, S. (2012). MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI GURU SWASTA DAN GURU BANTU PADA SD MUHAMMADIYAH VI DI KOTA MALANG MELALUI PENDIRIAN KOPERASI SEKOLAH. Null. https://doi.org/null

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Hasibuan, S. ., Halim, A. . ., & Nasution, A. S. S. . (2024). STRATEGI KEPALA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN GURU DAN STAF PEGAWAI DI SMP IT NURUL AZIZI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4379–4385. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27085