PENGEMBANGAN COMIC BOOK SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS V SDN 01 MENJALIN

Authors

  • Emeliana Isa Gagas Patalas Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Asmayani Salimi Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26655

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Comic Book

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar alternatif berupa comic book dengan mengangkat materi sistem pencernaan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk peserta didik kelas V SDN 01 Menjalin dalam bentuk printout. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Sumber data penelitian ini adalah guru wali kelas V, 24 orang peserta didik kelas V SDN 01 Menjalin, dan dua orang validator ahli, yaitu ahli desain dan ahli materi, dilakukan validasi tahap I dan Tahap II oleh ahli desain dan ahli materi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, angket dan observasi. Hasil tingkat kevalidan produk berdasarkan penilaian para ahli , presentase rata-rata berdasarkan validasi tahap I dan II yaitu 4,13 dengan kategori “sangat valid” pada aspek desain, sedangkan dari aspek materi memperoleh presentase rata-rata berdasarkan validasi tahap I dan II yaitu 4,35 dengan kategori “Sangat Valid”, serta hasil respons peserta didik berdasarkan presentase rata-rata dari kelompok kecil dan kelompok besar yaitu 3,74 dengan kategori “Sangat Baik”.

References

Alwi, Z, Ernalida, & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Saintifik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(1), 10-21. Diunduh di.

Arafat, L, & Maulana. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Komik untuk Meningkatkan Minat Baca PPKn Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Tarbiyah. Vol. 25, No.2.

Daryanto, A. D (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar . Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas, Diunduh dari

Estiningtyas, Dyah. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik untuk Tema 7 Energi dan Perubahannya Kelas 3 Sekolah Dasar. Diunduh di

Gumelar, M, S. (2011). Cara Membuat Komik. Jakarta: PT. Indeks Permata Puti Media.

Handayani, S., Halidjah, S., & Ghasya, D. a. V. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(3),10 Diunduh Di

Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Toolsin Education anda Training, Jerman: Springer Science BusinessMedia

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta:DivaPerss.

Prasrowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktikum. Jakarta: Kencana.

Pratiwi, A. D. (2018). Pengembangan Buku Ajar Pendamping Tematik Tema Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ngalik 01 Batu. Diunduh di

Putra, N. (2012). Research & Development. Jakarta: Rajawali Pers.

Septy, L. (2015). Pengembangan Media Komik pada Materi Peluang Kelas VIII. Jurnal Dedaktik Matematika. Vol.2, No. 2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta

Widodo, S, C, & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Widoyoko. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-03-16

How to Cite

Patalas, E. I. G. ., Kresnadi, H. ., & Salimi, A. . (2024). PENGEMBANGAN COMIC BOOK SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS V SDN 01 MENJALIN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3621–3626. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26655