PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATERI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEKERJAAN BANGUNAN

Authors

  • Mardianto Nazara Universitas Nias
  • Telaumbanua Telaumbanua Universitas Nias
  • Arisman Telaumbanua Universitas Nias
  • Envilwan Berkat Harefa Universitas Nias
  • Yelisman Zebua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26626

Keywords:

Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Pekerjaan Bangunan.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kuranganya variasi media pembelajaran dari seorang guru. Guru lebih senang menggunakan media dalam bentuk gambar cetak dikarenakan lebih cepat dan efisien, tetapi jika dilihat lebih dekat siswa merasa bosan dengan media yang sering dilihatnya setiap hari yang membuat siswa kurang tertarik dengan materi yang diajarkan oleh guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video kelas X pada materi keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan bangunan serta untuk mengetahui keefektifan (efektifitas), kepraktisan (praktikalitas) dan kelayakan (validitas) media pembelajaran berbasis video kelas X pada materi keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan bangunan. Lokasi penelitian adalah siswa SMK  Negeri 1 Lotu, populasi penelitian adalah siswa kelas X-DPIB sebanyak 16 orang. Instrumen pengumpulan data adalah angket dengan skala likert. Hasil penelitian mengungkap bahwa Media berbasis video kelas X pada materi keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan bangunan layak untuk digunakan. Berdasarkan validasi dari validator ahli isi dan materi, perolehan skor 42 dengan tingkat pencapaian 84% kategori sangat baik, validator ahli bahasa diperoleh skor 30 dengan tingkat pencapaian 100% kategori sangat baik dan validator ahli desain diperoleh skor 50. Tingkat pencapaian 100% kategori "Sangat Baik". Media berbasis video kelas X pada materi keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan bangunan Praktis untuk digunakan berdasarkan uji kepraktisan diperoleh skor 160. Tingkat pencapaian 100% Kategori "Sangat Baik". Media berbasis video kelas X pada materi keselamatan dan kesehatan kerja pada pekerjaan bangunan Efektif untuk digunakan berdasarkan jumlah peserta didik yang tuntas KKM. Jumlah keseluhan sebanyak 16 orang. Tingkat keberhasilan 93,7% kategori "Sangat Tinggi". Dengan menggunakan media berbasis video dapat memberikan variasi media untuk siswa sehingga tidak merasa bosan dan lebih aktif dilihat dari hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Aryadillah & fifit fitriansyah. 2017. Teknologi Media Pembelajaran. Bogor : Herya Media.

Putra, R. P., & Ayuningtyas, T. R. (2019). Pengembangan media pembelajaran flip chart berbahan dasar bambu. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 7(1), 79-94.

Gunawan, G., & Ritonga, A. A. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Harefa, E. B. (2022). Efektivitas pembelajaran daring mata kuliah fisika di perguruan tinggi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 75-83.

Indonesia, U. U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya. Bintang Sutabaya Anggota IKAPI Daerah Jawa Timur.

Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model addie dan implementasinya dengan teknik jigsaw.

Setyo, H. (2020). Dasar-dasar konstruksi bangunan. Malang : PT Dinamika Astrapedia Sejahtera

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28(1), 12.

Suryaningrum. (2018). Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan. Jakarta : Bumi Aksara

Telaumbanua, A., Syah, N., Giatman, M., Refdinal, R., & Dakhi, O. (2022). Case Method-Based Learning in AUTOCAD-Assisted CAD Program Courses. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1324-1328.

Telaumbanua, A. (2022). Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 29-34.

Telaumbanua, A. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran AutoCAD berbasis Case Method Terintegrasi dengan Model Team Based Learning pada Mata Kuliah Program CAD (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Telaumbanua, A., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Modul Pada Mata Kuliah Praktek Kayu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 839-847.

Universitas Nias. 2022. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Gunungsitoli : UNIAS.

Wardhani Ratna, dkk. 2014. Modul Pelatihan Pembuatan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta : UNY

Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2021). Implementasi model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis drill and practice untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar pada mata kuliah pemindahan tanah mekanis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 872-881.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

Nazara, M. ., Telaumbanua, T., Telaumbanua, A. ., Harefa, E. B. ., & Zebua, Y. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATERI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEKERJAAN BANGUNAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3586–3596. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26626