KESIAPAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN IKIP GUNUNGSITOLI

Authors

  • Yelisman Zebua IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2144

Keywords:

Praktik Kerja Industri, Kesiapan, Program Studi Teknik Bangunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang kesiapan mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli semester genap TA 2020/2021. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa semester VIII Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli yang melaksanakan Praktik Kerja Industri (PKI) TA 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 orang mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, dengan 5 kategori kesiapan mulai dari: tidak siap, kurang siap, cukup siap, siap, sangat siap. Hasil penelitian, didapatkan data kesiapan mahasiswa Jurusan Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli dalam melaksanakan PKI berada pada kategori siap untuk aspek afektif, aspek kognitif dan psikomotor. Dilihat dari aspek secara keseluruhan bahwa kesiapan praktek kerja industri mahasiswa Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli dalam melaksanakan PKI di Kota Gunungsitoli berada pada kategori siap.

Author Biography

Yelisman Zebua, IKIP Gunungsitoli

Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, IKIP Gunungsitoli

References

Nur, S. A. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Tenggarong Tahun Ajaran 2016/2017. PSIKOBORNEO, 5(3), 465-476.

Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D., Ambiyar, & Ishak. (2020). Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of Multi Science, 1(8), 50-65.

Fajra, M., Suparno, Sukardi, Ambiyar, Novalinda, R. (2020). Project-Based Learning Innovation To Improve The Suitability Of Productive Competencies In Vocational School With The Needs Of The World Of Work. International Journal Of Multi Science, 1(8), 1-11.

Gohae, A. (2020). Pengalaman Magang, Minat Kerja dan Pengaruhya terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntanssi. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA, 4(3); 1954-1964.

Mallisza, D., Ambiyar, A., Dakhi, O., Verawardina, U., & Siregar, M. (2021). design of acceptance information system of new students of national flight vocational high school. International Journal Of Multi Science, 1(10), 9-21.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan. https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668

Sugianto, A., & Suyitno, S. (2018). Pengaruh Kegiatan Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Purworejo. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 12(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/4863/4467

Timor, A. R., Ambiyar, A., Dakhi, O., Verawardina, U., & Zagoto, M. M. (2020). Effectiveness of problem-based model learning on learning outcomes and student learning motivation in basic electronic subjects. International journal of multi science, 1(10), 1-8

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139

Zagoto, Maria M., Nevi Yarni & Dakhi, O (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zebua, Y. (2020). Media powerpoint berbasis video terhadap hasil belajar materi keselamatan dan kesehatan kerja (k3) pada mahasiswa pendidikan teknik bangunan. JRPP, 3(2), 469-475.

Zebua, Y. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Didaktik, 12(1), 2100-2111.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Zebua, Y. (2021). KESIAPAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN IKIP GUNUNGSITOLI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 216–220. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.2144