PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MEDIA DI KELOMPOK B RA FADNUR AISYAH

Authors

  • Hasnah Siahaan Universitas Alwashliyah Medan
  • Seila Rizkina Universitas Alwashliyah Medan
  • Idzni Azhima Universitas Alwashliyah Medan
  • Mesran Mesran Universitas Alwashliyah Medan
  • Syariah Hafizhoh Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.26019

Keywords:

Motorik Halus, Kolase, Anak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan motorik halus pada anak, yang ditandai dengan kurang terampilnya anak dalam kegiatan kolase. Penelitian ini bertujuan memperbaiki pembelajaran fisik motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase dengan berbagai media. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek  penelitian adalah anak Kelompok B RA Fadnur Aisyah  yang berjumlah 31 anak, terdiri dari 21 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan perbaikan pembelajaran motorik halus pada anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus yang terdiri dari 5 kali pertemuan, menunjukkan bahwa motorik halus anak yang di observasi mengalami peningkatan yang baik dari kondisi penelitian tindakan kelas siklus 1 hingga penelitian tindakan kelas  siklus II. Pada siklus I kriteria berkembang sesuai harapan menunjukkan peningkatan sebesar 48%, sedangkan pada siklus II  mengalami peningkatan lebih lagi dari kondisi sebelumnya di siklus I mencapai 87% atau sebanyak 27 orang anak. Dengan demikian kemampuan motorik halus pada anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase dengan berbagai media.

References

Armanila, Nurul Zahriani JF, V. (2022). At-Turats Interior of the Study and Play Room?: 16(1), 22–31.

Armanila dan Khadijah. (2017). Permasalahan Anak Usia Dini (1st ed.). Perdana Publishing.

Fauziyyah, A. N., Rusijono, R., & Susarno, L. H. (2023). Media Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-6 Tahun: Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 642–649. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4730

Harahap, H. S., & Armanila. (2023). Implementation of Special Management in RA Kamboja. Indonesian Journal of Islamic Early Education, 7(2), 149–155.

Hayati, F., & Mamat, N. (2019). Pengasuhan dan Peran Orang Tua (parenting) serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh, Indonesia. Buah Hati, I(1), 16–30.

Khadijah, A. dan. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola Paud Profesional. Kompas Gramedia.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Ulfa, M. (2018). Analisa deteksi dini dan stimulasi perkembangan anak usia prasekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3 (2), 200–208.

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Siahaan, H. ., Rizkina, S. ., Azhima, I. ., Mesran, M., & Hafizhoh, S. . (2023). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN BERBAGAI MEDIA DI KELOMPOK B RA FADNUR AISYAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1195–1202. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.26019