EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PLATFORM WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LENGKONG GARUNG

Authors

  • Farisa Umi Khasanah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Abdul Majid Universitas Sains Al-Qur’an
  • Fatiatun Fatiatun Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.25987

Keywords:

Literasi, Numerasi, Platform Wordwall

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah studi kuantitatif yang menerapkan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Metode penelitian ini mencakup observasi, wawancara, serta tes pretest dan posttest, dengan melibatkan 20 siswa kelas V SD Negeri 1 Lengkong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan literasi numerasi yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pre-eksperimen, terutama melalui penerapan platform Wordwall, berhasil meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Lengkong Garung setelah pemberian perlakuan. Analisis N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa berada dalam kategori sedang. Kesimpulannya, penggunaan platform Wordwall dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas V di SD Negeri 1 Lengkong Garung. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam konteks pendidikan, menunjukkan bahwa metode pre-eksperimen, terutama dengan memanfaatkan teknologi seperti platform wordwall, dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan literasi matematika pada tingkat sekolah dasar. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan dasar bagi pengembangan strategi pengajaran yang lebih inovatif dan berbasis teknologi dalam mendukung pembelajaran matematika di tingkat SD.

References

Andreas, S. 2019. PISA 2018 Insightsand Interpretations. OECD. New York.

Festiawan, R. 2020. Belajar dan pendekatan pembelajaran. In 2020.

Gandasari, P., & Pramudiani, P. 2021. Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Lubis, & Nuriadin, I. 2020. Efektivitas aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860.

Perdana, R., & Suswandari, M. 2021. Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal. 3(1):9-15

Putri, F. S. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Multimedia Guna Meningkatkan Minat Literasi dan Numerasi Belajar Online Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 22(2): 155–161

Rochmania, D. D., & Restian, A. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 6(3), 3435–3444.

Shiddiq. 2021. Inovasi Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Game-Based Learning Untuk Bahasa Arab. JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sun’iyah, S. L. 2020. Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora.

Syofyan, H., & Soraya, R. 2018. Pelatihan Penerapan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA di SD Pelita 2 Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 4(2), 216–220.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Khasanah, F. U. ., Majid, A., & Fatiatun, F. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PLATFORM WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LENGKONG GARUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3988–3996. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.25987