PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS BRAINSTORMING PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 WATUMALANG

Authors

  • Sukowati Sukowati Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah
  • Fatkhurrohman Fatkhurrohman Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah
  • Fatiatun Fatiatun Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23777

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Brainstorming, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Pembelajaran fisika ialah pembelajaran yang sebagian banyak peserta didik menganggap sulit dan kurang tertarik. Pembelajaran fisika di kelas biasanya terfokus pada seorang pendidik yang mengajar dikelas sehingga membuat siswa mudah merasa jenuh dan kurang semangat dalam kegiatan belajar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar fisika yang bertujuan 1) untuk mengetahui bahan ajar fisika berbasis brainstorming yang dikembangkan pada materi termodinamika SMA/MA kelas XI. 2) Untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap kepraktisan bahan ajar fisika berbasis brainstorming pada materi termodinamika. 3) untuk mengetahui peningkatan dari bahan ajar fisika berbasis brainstorming pada materi termodinamika kelas XI SMA/MA terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Sampel yang digunakan ialah kelas XI MIPA 1 dengan wawancara, observasi, angket dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Setelah penelitian terlaksana, diperoleh hasil 1) pengembangan bahan ajar fisika berbasis brainstorming sangat layak diuji cobakan setelah dilakukan validasi para validator, didapatkan rata-rata skor 94,5%. 2) hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa bahan ajar fisika berbasis brainstorming praktis untuk digunakan. 3) terdapat peningkatan terhadap kemampuan keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan bahan ajar fisika berbasis brainstorming. Terbukti dengan hasil perhitungan uji-t yaitu H0 ditolak dengan hasil nilai thitung = 7,574 > ttabel = 2,048 pada taraf signifikan 5% sehingga Ha diterima serta dengan hasil perhitungan uji N-Gain diperoleh skor sebesar 0,536 sehingga dinyatakan ada peningkatan terhadap keterampilan proses sains siswa dengan kategori sedang.

References

Citra, Y. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di MAN 1 Meulaboh. Jurnal Bionatural, 3(1).

Eli Sumiati, D. S. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan, 4(2), 75-88.

Firdaos, R. (2017). Developing And Testing Construct Validity Instrumen Of Tazkiyyatun Nafs. Jurnal Addin, 11, 434-440.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development). Malang: Literasi Nusantara.

Ika, S. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Dipadu Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Malang. Jurnal Malang.

Minati, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Teks Persuasi Bermuatan Lingkungan Dengan Metode Brainstorming. Jurnal Penelitian Bahasan, Sastra Dan Pengajarannya, 8(1), 169-174.

Muh Tawil, L. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains Dan Implementasi Dalam Pembelajaran IPA. Makasar: UNM.

Shinta, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 56.

Subagyo, Y. (2009). Pembelajaran Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu Dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal Of Physics Education), 5(1), 42-46.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti, S. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Budi.

Tampubolon, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Dalam Meningkatkan Hasil Beajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 164319 Tebing Tinggi. SEJ (School Education Journal), 10(3), 238.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Sukowati, S., Fatkhurrohman, F., & Fatiatun, F. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS BRAINSTORMING PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 WATUMALANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 514–521. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23777