WAWASAN AL-QUR’AN TENTANG KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

Authors

  • Evin Juliasti Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar
  • Achmad Abubakar Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar
  • Firdaus Firdaus Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25797

Keywords:

Al-Qur’an, Kekerasan dalam Rumah Tangga.

Abstract

Penelitian ini membahas interpretasi ayat-ayat al-qur'an yang membahas tentang kekerasan dalam rumah tangga. Meskipun secara tekstual terdapat izin untuk pukulan, hadis dan ayat lain memberikan pemahaman bahwa yang diizinkan oleh Al-Quran bukanlah bentuk kekerasan. Rasulullah memberikan petunjuk dan batasan pukulan, yaitu yang tidak berbekas dan tidak menyakiti. Beberapa ulama menafsirkan bahwa pemukulan yang diperbolehkan tidak membahayakan, seperti menggunakan siwak atau sapu tangan. Dalam konteks undang-undang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, pukulan yang diizinkan oleh syariat Islam tidak dapat dikategorikan sebagai kekerasan rumah tangga. Tujuan pemukulan dalam Islam adalah mendidik, bukan menimbulkan kesengsaraan. Suami harus bijak dalam mengukur apakah pemukulan dapat mengubah perilaku istrinya atau justru menimbulkan masalah baru. Alternatif seperti meminta bantuan keluarga atau orang lain juga dapat diambil untuk menyelesaikan konflik.

References

Abu al-„Abbas Ahmad bin Abd al-Halim bin Taimiyyah, Al-Harani. Al-Nubuwwat. 1st ed. Mesir: al-Mathba?ah al-Salafiyyah, n.d.

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail bin Ibrahim. Shahih Al-Bukhari. Juz 16. t.k.: Maktabah Syamilah, n.d.

Alimat. Kisah Perjuangan Perempuan Dalam Keluarga Alimat, 2012. Jakarta: Alimat, 2012.

Asqalani, Ibnu Hajar. Fathul Bari. Juz 11. Beirut: Dar al-Fikr, 2005.

At-Thabari, Abu Ja?far Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Ghalib. Jami’ L-Bayan Fi Ta’wil Al-Qur’an. Jilid 3. t.k.: Muassasah ar-Risalah, 2000.

Capra, Frintjof, Titik Balik Peradaban: Sains, Masyarakat dan Kebangkitan Kebudayaan, terj. M. Thoyibi, Bandung: Mizan, 2000, cet. ke-6.

Dawud, Abu, Sunan Abi Dawud, Kitab an-Nikah bab fi Dharb al-Marah,hadits ke-2145, Juz II, Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Dermawan, Andy, Marital Rape dalam Perspektif Islam, dalam Mochamad Sodik, (ed.), Telaah Ulang Wacana Seksualitas, Yogyakarta: PSW IAIN SUKA-DEPAG RI-McGill-IISEP-CIDA, 2004.

Dzuhayatin, Ruhaini, ?Marital Rape Suatu Keniscayaan ?” dalam S. Edy Santoso, Islam dan Konstruksi Seksualitas, Yogyakarta: PSW IAIN SUKA-The Ford Foundation-Pustaka Pelajar, 2002

Engineer, Asghar Ali, The Quran Women and Modern Society, terjemahan Agus Nuryanto, Pembebasan Perempuan, Yogyakarta: LKIS, 1999.

Fayumi, Badriyah, Islam dan Masalah Kekerasan Terhadap Perempuan, dalam Abdul Moqsit Ghozali, dkk., Tubuh, Seksualitas dan Kedaulatan Perempuan, Jakarta: Rahima, 2002.

Muhsin, Amina Wadud-, Quran and Women, Kuala Lumpur: Fajar Bakti, 1992.

Mulia, Siti Musdah, Muslimah Reformis: Perempuan Pembaru Keagamaan, Bandung: Mizan, 2004.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Quran, Jakarta: Lentera Hati, 2000, vol. 2.

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Juliasti, E. ., Abubakar, A. ., & Firdaus, F. (2024). WAWASAN AL-QUR’AN TENTANG KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2667–2675. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25797