PERAN TEOLOGI PEMBEBASAN ASIA DALAM MENGATASI KEMISKINAN DI PAROKI SANTO YOHANES PEMBAPTIS BOGANATAR-KEUSKUPAN MAUMERE

Authors

  • Yulius Candra Kasiwali Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero
  • Maria Mingkol Institut Pastoral Indonesia Malang STP-IPI Malang
  • Otto Gusti Madung Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero
  • Puplius Meinrad Buru Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25664

Keywords:

Teologi Pembebasan Asia, Kemiskinan, Paroki St. Yohanes Pembaptis Boganatar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memahami teologi pembebasan konteks Asia, (2) mengetahui masalah kemiskinan di Paroki Santo Yohanes Pembaptis Boganatar, (3) mengetahui peran teologi pembebasan Asia dalam mengatasi kemiskinan di Paroki Santo Yohanes Pembaptis Boganatar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif-kuantitatif. Wujud data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan skunder dari hasil wawancara dengan Pastor Paroki, Pastor Rekan, dan umat di Paroki St. Yohanes Pembaptis Boganatar. Penulis juga menggunakan buku-buku referensi yang berhubungan dengan peran teologi pembebasan Asia dalam mengatasi kemiskinan di Paroki Santo Yohanes Pembaptis Boganatar. Sejak tahun 1950 Paroki St. Yohanes Pembaptis Boganatar berdiri sampai sekarang pelayan pastoral mengalami tantangan yang paling signifikan adalah masalah kemiskinan. Factor penyebab kemiskinan sebagai berikut: pengaturan ekonomi rumah tangga yang kurang bijak. Oleh karena itu, Gereja terus memperbaharui diri berjalan dalam karya pastoral. Semangat berjalan bersama dapat diwujudkan oleh Keuskupan Maumere melalui kegiatan Sinode II Keuskupan Maumere. Berdasarkan rangkuman hasil Sinode Paroki Santo Yohanes Pembaptis Boganatar mengenai pemberdayaan ekonomi menjadi masalah pokok yang dihadapi umat adalah rendahnya pendapatan ekonomi keluarga. Demikian juga ditingkat Keuskupan Maumere dalam rangkuman akhir dan rekomendasi Sinode II Keuskupan Maumere pada tanggal 24-28 Oktober 2022 menemukan masalah yang sama yakni tentang kemiskinan. Masalah pokok program pemberdayaan ekonomi umat dan warga yaitu: sebagian besar umat miskin ada dua penyebab yaitu minimnya pendampingan wirausaha yang belum bermutu dan manajemen keuangan belum teratur. Oleh karena itu, teologi pembebasan Asia memiliki peran atau pengaruh dalam upaya mengatasi kemiskinan di Paroki St. Yohanes Pembaptis Bogatar-Keuskupan Maumere, yang benar-benar nyata dan dihidupi melalui kegiatan katekese, analisis sosial dan sinode keuskupan Maumere.

References

Banawiratma J. B. dan J. Muller. Berteologi Sosial Lintas Ilmu Kemiskinan Sebagai Tantangan Hidup Beriman. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1993.

Biro Kateketik dan Komisi PSE-Caritas Keuskupan Maumere. Duc In Altum: Menuju Gereja Sinodal Dan Merawat Kehidupan Bahan Katekese APP 2022 (ms). Maumere: 24 Februari, 2022.

Hasulie, Hubert Thomas. Peneliti pada Pusat Candraditya-Maumere dan Pendamping Ahli Sinode Keuskupan Maumere. Wawancara, 16 Januari 2024 di Pusat Candraditya-Maumere.

Kappler, Anton. “Paroki St. Yohanes Pemandi Boganatar “, dalam Seksi Publikasi Pertemuan Pastoral VIII Konferensi Waligereja Nusa Tenggara Maumere, 20-24 Juli 2009, ed. Keuskupan Maumere Dari Dekat. Maumere: Percetakan Offset Ledalero, 2009.

Keuskupan Maumere. Rangkuman Akhir dan Rekomendasi Sinode II Keuskupan Maumere (ms). Maumere: 24-28 Oktober 2022.

Koten, Yeremias Purin. Pastor Paroki St. Yohanes Pembaptis Boganatar. Wawancara, 6 Januari 2024 di Pastoran Boganatar.

Lobo, Yanuarius. “Teologi Pembebasan: Bahan Mata Kuliah Pilihan Teologi Pembebasan Program Studi Filsafat STFK Ledalero” (ms). Maumere: STFK Ledalero, 2019.

Madung, Otto Gusti. “Teologi Pembebasan: Sebuah Pengantar Bahan Kuliah Teologi Politik Prodi Magister Teologi IFTK Ledalero” (ms). Maumere: IFTK Ledalero 2022/2023.

Neonbasu, Vinsensius. Pastor Rekan Paroki St. Yohanes Pembaptis Boganatar. Wawancara, 9 Januari 2024 di Pastoran Boganatar.

Paroki Santo Yohanes Pembaptis Boganatar. Rangkuman Hasil Sinode Paroki Santo Yohanes Pembaptis Boganatar 2022 (ms). Maumere: Paroki Boganatar, 2023.

Pilario, Daniel Franklin. “Asian Liberation Theologies in Times of Populism”. Concilium 1 2022.

Robinto, Vitus. Paradigma Asia, Pertautan Kemiskinan dan Kereligiusan dalam Teologi Aloysius Pieris. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1997.

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Kasiwali, Y. C. ., Mingkol, M. ., Madung, O. G. ., & Buru, P. M. . (2024). PERAN TEOLOGI PEMBEBASAN ASIA DALAM MENGATASI KEMISKINAN DI PAROKI SANTO YOHANES PEMBAPTIS BOGANATAR-KEUSKUPAN MAUMERE . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2109–2115. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25664