PROYEK INTERKULTURAL DI SMAN 2 MAUMERE DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN NILAI- NILAI INTERKULTURAL

Authors

  • Yulius Candra Kasiwali Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero
  • Mathias Banusu Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero
  • Yoseph Norbertus Pehan Kelen Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero
  • Petrus Dori Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24013

Keywords:

Keberagaman, Interkulturalitas, Kebaikan Bersama

Abstract

Keberagaman merupakan suatu realitas yang ada dalam eksistensi kehidupan manusia. Manusia tak dapat menyangkal realitas keberagaman itu. Sebab sebagai makhluk sosial ia berada dalam suatu kenyataan plural dan senantiasa membangun relasi dengan yang lain demi mewujudkan kebaikan bersama. Keberagaman biasanya terwujud dalam perbedaan budaya, agama, bahasa, adat-isitiadat, status social, mentalitas dan sebagainya. Berhadapan dengan keberagaman ini setiap pribadi dituntut untuk saling mengakui dan menerima, saling belajar dan memperkaya satu sama lain. Dalam konteks keberagaman di lingkungan SMAN II Maumere, setiap siswa-siswi dihadapkan pada realitas keberagaman yang tidak saja menjadi peluang tapi juga sering tampak sebagai suatu tantangan dalam membangun kehidupan bersama. Mengembangkan suatu budaya ramah dan interaktif dalam lingkungan sekolah itu bukan suatu pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, melalui proyek penerapan proyek interkultural, yang sadar dan partisipatif sejak tahap perencanaan hingga evaluasi akhir, para siswa-siswi dapat dibantu untuk memahami, mengenal yang lain dan menyikapi kehadiran mereka dengan ramah secara timbal balik demi kebaikan bersama. Yang lain atau yang berbeda bukanlah penghalang dalam mewujudkan diri secara utuh dan membangun kebaikan bersama melainkan peluang atau kesempatan berahmat melaluinya  setiap pribadi belajar terbuka, berinteraksi dan berdialog demi terciptanya suatu masyarakat yang terbuka dan inklusif mulai dari lingkungan sekolah. Setiap siswa-siswi diharapkan belajar mengakui, menerima, mengapresiasi dan menghargai keunikan dari setiap pribadi. Hanya dengan demikian, kesejahteraan bersama bisa terwujud secara berkelanjutan,  baik secara ke dalam lingkungan sekolah maupun secara keluar di tengah masyarakat luas.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kelima. Jakarta: CV Adi Perkasa, 2016.

Hasil wawancara dengan bapak Andreas Benyamin Edi, Kepala Sekolah SMAN 2 Maumere, pada 15 November 2023.

Hasil wawancara dengan Hendrikus Hadir, wakil kepala sekolah SMAN 2 Maumere, pada 24 Desember 2023.

Julivadistanto, Thomas ÒMembangun Spiritualitas Dialogal Antariman Umat Katolik dengan Umat Beragama LainÓ, Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural, 1:1, Ruteng: 1 Juni 2012.

Kisala, Robert. ÒEthnocentrism and ethnorelativismÓ, dalam Lazar T. Stanislaus – Martin †ffing (eds.). Intercultural mission. Sankt Augustin: Steyler Missionswissenschaftliches Institut, 2015.

Ongen, Petrus Dori. Dipanggil Untuk Rahmah Dalam Keberagaman Suatu Tinjauan Teologi Interkultural. Maumere: Ledalero, 2021.

--------------------------. ÒSMAN 2 Maumere Menjadi Locus TheologicusÓ, Yang disampaikan dalam Kata Sambutan Pentas Seni Interkultural di SMAN 2 Maumere, 23 November 2023.

--------------------------. ÒTeologi InterkulturalÓ. Kuliah Mimbar di IFTK Ledalero, 2022-2023.

Portera, Agostino. Manuale della pedagogia interkultural. Roma-Bari: Editori Laterza, 2013.

Riyanto, Armada. Metodologi Pemantik dan Anatomi Riset Filosofis Teologis. Malang: Penerbit Widya Sasana Publication Anggota IKAPI, 2020.

Seri Dokumen Gereja No. 117, Mendidik Untuk Dialog Antarbudaya di Sekolah-Sekolah Katolik dan Mendidik Untuk Humanisme Persaudaraan, penerj. Bernadeta Harini Tri Prasasti, Andreas Suparman, ed. Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2020.

Sudhiarsa, Raymundus. ÒSpiritualitas Interkultural: Berselancar dalam Era Dialog AntarperadabanÓ, Studia Philosophica et Theologica, 9:2. Malang: 2 Oktober 2019.

Tim Proyek Interkultural, ÒLaporan Hasil Proyek Interkultural di SMAN II Maumere, 18 November 2023.

--------------------------------, ÒLaporan Hasil Proyek Interkultural di SMAN II Maumere, 23 November 2023.

Wikipedia. ÒTarian Gawi-Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasÓ, dalam https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tari_Gawi, diakses pada 14 Desember 2023.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Kasiwali, Y. C. ., Banusu, M. ., Kelen, Y. N. P. ., & Dori, P. . (2024). PROYEK INTERKULTURAL DI SMAN 2 MAUMERE DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN NILAI- NILAI INTERKULTURAL . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 119–126. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24013

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.