MEMULIHKAN FUNGSI MASJID SEBAGAI SUMBER PEREKONOMIAN

Authors

  • Umi Rizki Badrul Mubin Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dania Citra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wildatul Khairia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Irene Diaz Maura Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24835

Keywords:

Pusat Dakwah, Pemberdayaan Ekonomi, Aktivitas Social, Kesejahteraan Umat

Abstract

Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat dakwah, kegiatan sosial, dan ekonomi dalam komunitas Muslim. Pendekatan dakwah yang lebih menitikberatkan pada peningkatan iman individu telah mengabaikan aspek penting dalam dakwah, yaitu pengembangan dan pemberdayaan komunitas Muslim secara menyeluruh. Melalui metode deskriptif-kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, hasilnya menunjukkan bahwa komunitas yang diberdayakan tidak hanya dianggap sebagai penerima pasif pelayanan, melainkan sebagai komunitas dengan potensi dan kemampuan yang beragam yang dapat diberdayakan. Pemberdayaan komunitas Muslim dapat dilakukan melalui pendampingan, motivasi, peningkatan kesadaran, peningkatan pengetahuan, pengembangan keterampilan, pemanfaatan sumber daya produktif, serta pengembangan aktivitas ekonomi dan dakwah.

References

Afif, Mufti. 2020. “Fungsi Masjid Dalam Mengelola Dana Ziswah Sebagai Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat.” Islamic Economics and Philanthropy 03(02):749–72.

Ali, Ibnu, and Mujiburrohman. 2022. “Radikalisme Dari Terminologi Ke Fenomena.” Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman 8(1):35–47.

Arifudin, Opan. 2022. “Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Membina Karakter Peserta Didik.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(3):829–37. doi: 10.54371/jiip.v5i3.492.

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, Rafifah. 2022. “Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru SD/MI Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI.” Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 11:282–300.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, Wismanto. 2022. “PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR.” 11:301–8.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. 2022. “Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI 8:100–110.

Effendi, Bahtiar, and Abdul Ghofar Saifudin. 2022. “Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Dakwah Dan Pemberdayaan Ekonomi Umat.” JIEF?: Journal of Islamic Economics and Finance 2(2):12–23. doi: 10.28918/jief.v2i2.5989.

Elbina Saidah Mamla, Wismanto. 2021. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1(2):16.

Febri, I. Wayan Nain, and Muhammad Muttaqien. 2023. “Peradaban Islam Era Nabi Muhammad S.A.W.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 5(3):2417–28. doi: 10.34007/jehss.v5i3.1641.

Fitri, Aulia, Mukh Nursikin, and Wismanto Amin, Khairul. 2023. “Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 5(3):9710–17.

Hakim, R., and R. Amalia. 2023. “Tren Dan Strategi Pengumpulan Dana Zakat, Infak Dan Sedekah (ZIS) Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Multisitus Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota ….” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9(02):2431–41.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, Rieskha Tri Adilah. EM. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” 4(6):1734–10351.

HT, Hidayat. 2021. “Globalisasi Dan Dakwah Islam Kontemporer.” Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah 4(1):79–105. doi: 10.19109/yonetim.v1i1.9148.

Isnaini, Muhammad, Isran Bidin, Bambang Wahyu Susanto, and Ilham Hudi. 2023. “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT.” 05(04):11539–46.

Isnaini, Muhammad, Isran Bidin, Bambang Wahyu Susanto, and Ilham Hudi. 2023. “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT.” Journal on Education 5(4):11539–46.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, Khairul Amin. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau.” Journal on Education 04(04):1448–60.

Iyah. 2021. “Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid Berdasarkan ISAK 35 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Studi Pada Masjid Darussalam Palangka Raya).” Skripsi 1–137.

Johannes, Nathalia Yohana, Samuel Patra Ritiauw, and Hartini Abidin. 2020. “Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 19 Ambon.” PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan 8(1):11–23. doi: 10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23.

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, Rizka syafitri. n.d. “Pola Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam.” 4(3):1162–68.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. 2021. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2):131–46. doi: 10.54396/alfahim.v3i2.183.

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. 2022. “KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul.” 11:204–26.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. 2022. “IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN.” 11(2):285–94.

Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, Riska Syafitri. 2022. “STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU.” 11:204–26.

Mat Pelet Mohamad Nik, Samud Nurul Nadia, Harijaman Norita, and Damsik Juliana. 2023. “Pengaruh Sosiobudaya Hukum Sayeit Terhadap Sikap Dan Amalan Masyarakat Orang Asli Dalam Pendidikan.” International Conference on Modern Languages and Applied Linguistics 76–87.

Moh. Firdaus Mochammad; Haq, Azhar &. Muslim. 2020. “Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Krakter Anak Di Tpq Al-Amin Kebonagung Malang.” VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam 5:114–19.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05(03):10192–204.

Mutaqin, Enjen Zaenal, and Fatma Putri. 2022. “Masjid Jami At-Taqwa Sebagai Cagar Budaya Di Desa Gumelem Kecamatan Susukan Kabupaten Banjaranegara.” Jurnal Penelitian Agama 23(1):95–107. doi: 10.24090/jpa.v23i1.2022.pp95-107.

Nahwiyah, Sopiatun, A. Mualif, Rita Haironi, Ikrima Mailani, and Wismanto Wismanto. 2023. “Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau.” Journal on Education 5(3):9573–83. doi: 10.31004/joe.v5i3.1830.

Nopiansyah, Maolana. 2022. “Hakikat Manusia Dalam Perspektif Islam.” ???? 7(8.5.2017):2003–5.

Paelani Setia, Heri M. Imron, Predi M. Pratama, Rika Dilawati, Awis Resita, Arjun, Restu Prana Ilahi Abdullah, M. Iqbal Maulana Akhsan, Andini, Indra Ramdhani, and Rifki Rosyad. Siti Rohmah, Rizki Rasyid, Usan Hasanudin. 2021. Kampanye Moderasi Beragama: Dari Tradisional Menuju Digital.

Pitriani, Ni Rai Vivien. 2020. “Transformasi Pendidikan Di Era New Normal Perspektif Pendidikan Agama Hindu Ditinjau Dari Segi Sosio-Etika Pada Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja.” Widyanatya 2(02):86–99. doi: 10.32795/widyanatya.v2i02.1050.

Putri, Enda Pravita, Cahya Aribitera, and Keren Stelin Maliangkay. 2023. “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Persepsi.” 4:161–67.

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. n.d. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru.” 4(1):1082–88.

Sawitri, Amalia Yuli, Putri Maysaro Simatupang, and Wismanto Wismanto. 2022. “Pelaksaan Kuliah Kerja Nyata Di Desa Empat Balai, Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.” Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(3):1395–1400. doi: 10.31004/cdj.v3i3.7735.

Sina, Ainun, Devi Ariani, Khairan Syahputra Tarigan, Nerisa Sertiawan, and Mardilah Tarigan. 2022. “Kedudukan Manusia Di Alam Semesta: Manusia Sebagai ’Abdullah Manusia Sebagai Khalifah Fil Ard.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(6):3987–93.

Sri Indriyani, NerianiDzakirah Nur AssyifaMaya Wulan sari, Wismanto. 2023. “Korelasi Kedudukan Dan Fungsi Sunnah Sebagai Sumber Hukum Dengan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.” 1(2):123–35.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. 2023. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6(1):13. doi: 10.29210/146300.

Wahyu, A. Rio Makkulau, and Wirani Aisiyah Anwar. 2020. “Sistem Pengelolaan Zakat Pada Baznas.” Al-Azhar Journal of Islamic Economics 2(1):12–24. doi: 10.37146/ajie.v2i1.31.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. 2023. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru.” 4(4):1625–33.

Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, Deprizon. 2022. “Mitra PGMI?: Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI VIII:50–59.

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, Elbina Mamla Saidah. 2023. “PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR.” 12(1):196–209.

Wismanto., Zuhri Tauhid., Atiqah Zhafirah. 2023. “Upaya Pencegahan Budaya Syirik Di Media Sosial Melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan.” 12:338–50.

Wismanto. 2021. “Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru.” 12(1).

Wismanto. n.d. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.”

Wismanto, Munzir Hitami, and Abu Anwar. 2021. “Integrasi Islam Dan Sains Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN.” Jurnal Randai 2(1):85–94.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, and Dasim Budimansyah. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2(2):286–95. doi: 10.21831/cp.v2i2.2168.

Yayuli, Yayuli, Fauzul Hanif Noor Athief, and Dewi Nur Utari. 2021. “Studi Komparatif Pemikiran Yusuf Qardhawi Dan Sahal Mahfudh Tentang Zakat Produktif Sebagai Sarana Pemberdayaan Ekonomi.” Profetika: Jurnal Studi Islam 23(1):98–113. doi: 10.23917/profetika.v23i1.16798.

Yulieth-Rafael, 2020. 2020. “??No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 5:1529–45.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Mubin, U. R. B. ., Citra, D. ., Khairia, W. ., Maura, I. D. ., & Wismanto, W. (2023). MEMULIHKAN FUNGSI MASJID SEBAGAI SUMBER PEREKONOMIAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1166–1174. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24835

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>