PUSAT PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MASJID

Authors

  • Humaysah Humaysah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Jihan Annisa Zarah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aisyah Harianto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Siti Luthfiyyah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24824

Keywords:

Masjid, Pemberdayaan, Pusat Pendidikan Islam

Abstract

Masjid dan pendidikan Islam merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keduanya senantiasa berjalan beriringan dalam perjalanan panjang dinamika pendidikan Islam. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pemberdayaan masjid sebagai pusat pendidikan Islam dan mengoptimalkan potensi masjid sebagai pusat pendidikan Islam. Dengan menjawab berbagai pertanyaan di atas melalui analisis dan interpretasi yang mendalam, diharapkan artikel ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan pemberdayaan masjid dan pendidikan Islam secara umum. Artikel ini menggunakan pendekatan penelitian jenis penelitian kualitatif (library Research). Analisisnya menggunakan model interaksi Miles dan Huberman. Pasal ini menunjukkan bahwa pengesahan masjid sebagai pusat pendidikan Islam mencerminkan fungsi masjid selain salat lima waktu berjamaah. Di sini perlu dilakukan mobilisasi majelis ta’lim, pemberdayaan remaja, penyelenggaraan berbagai pelatihan dan seminar, menjadikan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan, meningkatkan kerjasama, pemberdayaan masyarakat miskin dan mendorong kemandirian masjid. Optimalisasi potensi masjid sebagai pusat pendidikan Islam harus dilanjutkan dengan perbaikan pengelolaan masjid, optimalisasi sektor keagamaan, sektor kepemudaan, sektor sosial, sektor budaya, dan sektor ekonomi. Untuk memberdayakan masjid dengan cara ini Pusat Pendidikan Islam, dengan berbagai konsep dijelaskan Pengelolaan masjid yang baik, serta optimalisasi berbagai area apa yang ada di dalam masjid tidak sebatas kata-kata saja tetapi juga ada tingkat tindakan aktual untuk kesejahteraan masjid dan implementasinya mengubah masjid menjadi pusat pendidikan islam.

References

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, Rafifah. 2022. “Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru SD/MI Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI.” Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 11: 282–300.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, Wismanto. 2022. “Peran Ganda Guru Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sdit Al-Hasan Kec. Tapung Kab Kampar” 11: 301–8.

Aswidar, Rika, and Siti Zahara Saragih. 2022. “Karakter Religius,Toleransi, Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6 (1): 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373.

Daulay, S. 2023. “Pendampingan Remaja Masjid Sehat-Smart-Rabani.” WASATHON Jurnal Pengabdian … 01 (01). http://ejournal.stikesmukla.ac.id/index.php/wasathon/article/view/593.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. 2022. “Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI 8: 100–110.

Dina, A, D Yohanda, J Fitri, and ... 2022. “Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Edukasi Nonformal 1 (1): 149–58.

Elbina Saidah Mamla, Wismanto. 2021. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1 (2): 16.

Fitri, Aulia, Mukh Nursikin, and Wismanto Amin, Khairul. 2023. “Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 5 (3): 9710–17. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786.

Hamdie, M Ilham Masykuri, Noorazmah Hidayati, and Noor Liana Waty. 2022. “UIN Antasari Banjarmasin; UIN Antasari Banjarmasin; IAIN Palangkaraya; Universitas Negeri Malang” 1 (1).

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, Rieskha Tri Adilah. EM. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru” 4 (6): 1734–10351.

Isnaini, Muhammad, Isran Bidin, Bambang Wahyu Susanto, and Ilham Hudi. 2023. “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT” 05 (04): 11539–46.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, Khairul Amin. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau.” Journal on Education 04 (04): 1448–60. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129.

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, Rizka syafitri. n.d. “Pola Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam” 4 (3): 1162–68.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. 2021. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 131–46. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183.

Kemendiknas. 2011. “Character Education Implementation Guide Book.” The Ministry of National Education, 14–16.

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. 2022. “Kemampuan Sumber Dayamanusia Dalammeningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islamdi Era Disrupsi 1Khairul” 11: 204–26.

Kusuma, Destiara. 2018. “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah.” Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328 2 No. 2 (2): 34–40.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. 2022. “Ikhtiar Kepalamis Raudhatul Mushallin Tanjung Unggat Dalammeningkatkan Eksistensi Madrasah Yang Dipimpinnya Melalui Perbaikan Manajemen” 11 (2): 285–94.

Marintan Marintan, Dwi, and Nina Yuminar Priyanti. 2022. “Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5): 5331–41. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114.

Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, Riska Syafitri. 2022. “Strategi Guru Pai Dalammengatasi Perilaku Bullying Di Mi Al – Barokah Pekanbaru” 11: 204–26.

Marzuki, Ismail, and Lukmanul Hakim. 2019. “Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras.” Rausyan Fikr?: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15 (1): 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05 (03): 10192–204.

Nasirudin, M, and Moch. Dzu Izzin. 2021. “Modernisasi Pendidikan Islam Muhammadiyah.” Modernisasi Pendidikan Islam Muhammadiyah 9 (1): 97–114.

Pendidikan, N Rochmawati - Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian, and undefined 2018. n.d. “Peran Guru Dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak.” Lppm-Unissula.Com. Accessed March 25, 2021. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/3203.

Rahmawati, Mega, and Harmanto. 2020. “Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikanpancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita.” Journal of Civics and Moral Studies 5 (Vol. 7 No. 1 (2022)): 59–72.

Roza, Yenita. 2004. “Analisis Penggunaan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pada Sekolah Di Kota Pekanbaru Propinsi Riau,” 1–7.

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. n.d. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru” 4 (1): 1082–88.

Sari, Yuni Maya. 2016. “Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23 (1): 15–26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059.

Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik” 12: 327–37.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. 2023. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6 (1): 13. https://doi.org/10.29210/146300.

Wahyuddin, Imam; Cahyono, Fajar; Alfaris, Fitri. 2022. “Moderasi Beragama Untuk Generasi Mienial Pancasila: Studi Kasus MI Tarbiyatu Sibyan Di Desa ‘Pancasila’ Balun, Turi, Lamongan.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 14 (1): 1–21.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. 2023. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru” 4 (4): 1625–33.

Wismanto., Zuhri Tauhid., Atiqah Zhafirah. 2023. “Upaya Pencegahan Budaya Syirik Di Media Sosial Melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan” 12: 338–50.

Wismanto. n.d. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.”

Wismanto Abu Hasan. 2018. Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar Memahami Tauhid Dan Syirik. 1st ed. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Wismanto, Munzir Hitami, and Abu Anwar. 2021. “Integrasi Islam Dan Sains Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN.” Jurnal Randai.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, and Dasim Budimansyah. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2 (2): 286–95. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Humaysah, H., Zarah, J. A. ., Harianto, A. ., Luthfiyyah, S., & Wismanto, W. (2023). PUSAT PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MASJID. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1079–1086. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24824

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>