MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 SAMBAS

Authors

  • Suandi Suandi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Aunurrahman Aunurrahman Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Usman Radiana Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23963

Keywords:

Manajemen, sarana, Mutu Pendidikan

Abstract

Sarana prasarana dan kelengkapannya adalah bagian yang sangat penting dari maju tidaknya dunia pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan digunakan secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga sangat mempengaruhi mutu pendidikan yang hendak dicapai. Tersedianya ruang kegiatan belajar dan perlengkapan penunjang yang memadai ikut serta mendukung terlaksananya proses pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 1 Sambas. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk lebih memfokuskan pada topik atau masalah yang sedang diteliti. Sarana dan prasarana SMK Negeri 1 Sambas dikelola dalam beberapa tahapan yaitu inventarisasi, pengadaan dan penghapusan aset. Tujuan dari tahapan-tahapan  tersebut adalah untuk membantu mempersiapkan dan mengatur sebaik mungkin sarana dan prasarana yang diperlukan untuk melaksanakan proses pembelajaran agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Sekolah dianggap berkualitas apabila memiliki sarana prasarana yang cukup dan lengkap. Pengelolaan sarana dan prasarana yang baik memiliki dampak yang sangat besar terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. 

References

Dewi, C., Destrio, W., dan Pura, D. (2021). Management of Physical Education Facilities and Infrastructure. Journal of Educational Technology. Vol 5 No. 2. PP. 291-297. Doi : http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i2.34450

Departemen Pendidikan Nasional.(2007). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan:Jakarta :Persekolahan Berbasis Sekolah.

Direktorat SMK.(2021).Norma dan standar Laboratorium/ Bengkel SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniadin, Didin dan Machali, Imam (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rijal09.(2023, july 10). Konsep dasar manajemen berbasis sekolah[Blog post]. Retrieved

Rosnaini. 2019. Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan. Vol. VIII. No. 1. Doi : https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.10226

Rukin. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Surabaya: Jakad Media Publishing

Sinta, I. M. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Journal of Islamic EducationManagement.Vol.4.No.1. Doi: https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645

Sugiyono. (2016). Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta

Susanto, R., Rohiat, dan Djuwita, P.(2017). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Di SMK. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol. 11 No. 6. https://ejournal.unib.ac.id/

Uline, C. 2018. C. The interplay of quality facilities, school climate, and student achievement. Journal of Education Admistration, 46 (1), 55-73. https://eric.ed.gov/?id=EJ800471

Wahyudin, U. R. (2020). Buku Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Suandi, S., Aunurrahman, A., & Radiana, U. . (2024). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 1 SAMBAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1–5. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23963