MATA PELAJARAN INFORMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN KESETARAAN

Authors

  • Hafif Assulamy Universitas Tanjungpura
  • Dwi Ria Ibti Disma Universitas Tanjungpura
  • Fitri Sulistiyaningrum Universitas Tanjungpura
  • Aunurrahman Aunurrahman Universitas Tanjungpura
  • Warneri Warneri Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26763

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Informatika, Pendidikan Kesetaraan.

Abstract

Pentingnya pembelajaran informatika dalam memberikan pengalaman belajar yang adaptif dan relevan bagi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan desain etnografi untuk menginvestigasi implementasi pembelajaran informatika dalam kurikulum merdeka di Sekolah Paket Nonformal (SPNF) SKB Kota Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran adaptif dan berorientasi pada siswa berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan siswa mengembangkan keterampilan komputasi dan pemecahan masalah. Guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran yang membimbing siswa dalam menerapkan konsep-konsep informatika dalam praktis. Meskipun demikian, tantangan terkait ketersediaan sumber daya, terutama akses terhadap perangkat keras dan perangkat lunak, tetap menjadi kendala yang perlu diatasi. Upaya terus dilakukan untuk mengatasi hambatan dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan berkolaborasi dengan pihak terkait. Penelitian memberikan kontribusi dalam memahami tantangan dan peluang dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran informatika di SPNF SKB Kota Pontianak, serta memberikan pemahaman yang mendalam tentang upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut.  

References

Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (t.t.). Pengembangan Kurikulum merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Handayani, A.S., Nurlisa, K., & Mustafiyanti, M. (2023). Efektivitas dan Peran Guru Dalam Kurikulum merdeka Belajar. Perspektif : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa.

Lukman Panji, A., Eka Mahmud, M., & Sultan Aji Muhammad, U. (2023). KEBIJAKAN PERUBAHAN KURIKULUM DI INDONESIA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02). https://books.google.co.id/books?id=XzCgEAAAQBAJ.

Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran informatika kelas VII di SMP Negeri 1 Seririt. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 10(1), 50-58.

Pendidikan, J., & Konseling, D. (t.t.). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Irkham Abdaul Huda (Vol. 2).

Rahmi, H., Derta, S., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VII SMP N 7 BUKITTINGGI. Dalam Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Nomor 1).

Sondari, Y., Ishmatu Amri Hamdani, D., Nurhayati, S., & Siliwangi, I. (t.t.). PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PROGRAM KESETARAAN DI PKBM SRIKANDI.

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Assulamy, H. ., Disma , D. R. I. ., Sulistiyaningrum, F., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2024). MATA PELAJARAN INFORMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA PENDIDIKAN KESETARAAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4301–4308. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26763