PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS III DI SD KARTIKA XVII-1

Authors

  • Dwi Mulya Safitri Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Siti Halidjah Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24874

Keywords:

Pengembangan, Buku Suplemen, Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku suplemen pembelajaran tematik tema 2 subtema 1 pembelajaran 3 kelas III di SD Kartika XVII-1 untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Sumber data penelelitian ini adalah 3 orang validator yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain untuk hasil tingkat validitas buku suplemen, dan 31 orang peserta didik kelas III SD Kartika XVII-1 untuk hasil tingkat kerpaktisan buku suplemen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner serta teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli materi buku suplemen memperoleh rata-rata 4,84 dengan kategori “sangat valid”, hasil validasi ahli bahasa buku suplemen memperoleh rata-rata 4,72 dengan kategori “sangat valid” dan hasil validasi ahli desain buku suplemen memperoleh rata-rata 4.80 dengan kategori “sangat valid”. Hasil kepraktisan buku suplemen oleh kelompok kecil memperoleh rata-rata 4,54 dengan kategori “sangat praktis” dan hasil kepraktisan buku suplemen oleh kelompok besar memperoleh rata-rata 4,71 dengan kategori “sangat praktis”.

References

Irawan, S. B. (2019). Pembelajaran di SD Berbasis TIK. Bandung: Kemendikbud.

Jiwa, N. (2022). Cara Sukses Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Muhsinin, U., & Fatmawati, K. (2020). Validitas dan Praktikalitas Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Terintegrasi Rsearch Based Learning. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20, 204. Diunduh di http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/791

Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Pendekatan CTL pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 194. Diunduh di https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5450

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan . Bandung: Alfabeta, CV.

Susilawati, S. A., Musyiam, M., & Wardana, Z. A. (2021). Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius. Journal for Research in Mathematics Learning, 5(3), 185. Diunduh di https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/17424/8143

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Safitri, D. M. ., Halidjah, S. ., & Kresnadi, H. . (2024). PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS III DI SD KARTIKA XVII-1. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 940–946. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24874

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>