IMPLEMENTASI APLIKASI LEARNING MANAJEMEN SYSTEM PASCA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Mayasari Mayasari Universitas Raharja
  • Andri Cahyo Purnomo Universitas Raharja

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23349

Keywords:

Learning Management System, Kinerja Guru, Manajemen Sistem Pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak implementasi Aplikasi Learning Management System (LMS) pasca pandemi COVID-19 dalam meningkatkan kinerja guru di satuan pendidikan sekolah menengah. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis sejumlah literatur terkini yang relevan dengan penerapan LMS dalam konteks pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa LMS efektif dalam memperbaiki aksesibilitas pembelajaran, memfasilitasi kolaborasi, dan meningkatkan efisiensi pengajaran. Guru dapat memanfaatkan LMS untuk menyusun materi, memberikan tugas, dan secara real-time memantau progres siswa. Selain itu, implementasi LMS memperkuat manajemen sistem pendidikan dengan menyederhanakan pengelolaan sumber daya manusia dan penjadwalan. Meskipun tantangan seperti kurangnya infrastruktur teknologi dan pelatihan masih ada, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk investasi infrastruktur, pelatihan intensif guru, dan dukungan kebijakan yang berkelanjutan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang implementasi LMS dalam konteks pendidikan pasca pandemi. Implikasi praktisnya mencakup peningkatan efisiensi pembelajaran, sementara implikasi teoretisnya memberikan dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam teknologi pendidikan dan manajemen pendidikan.  

References

Anggraini, D. P., Sulistiana, D., Agustina, D. K., & Ulimaz, A. (2020). Determination Of Kinetic Parameters And The Effect Of Ion Mg2+ Inhibition Into Pectinase Activities. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 112–118.

Dacholfany, M. I., Fujiono, F., Safar, M., Hanayanti, C. S., & Ulimaz, A. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Pembelajaran Inspiratif Dan Bermakna Di Era Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 6853–6861.

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V10i1.723

Dianto, A. Y., Hendratri, B. G., Zakariya, M., & Udin, M. F. (2023). Strategi Sukses Produksi Berbasis Ekonomi Islam: Studi Kasus Produksi Nucless Di Pt. Persada Nawa Kartika Kertosono. Journal On Education, 6(1), 10496–10502.

Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming And Scanning Technique: Is It Effective For Improving Indonesian Students’reading Comprehension? Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Hasmirati, H., Nursyamsi, S. Y., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Motivation And Interest: Does It Have An Influence On Pjok Learning Outcomes In Elementary School Children? Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 70–78.

Hendratri, B. G., Dianto, A. Y., Zakariya, M., & Udin, M. F. (2023). Transformasi Positif: Analisis Sistem Jual Beli Online Di Anisa Online Shop Grosir Mlorah Rejoso Nganjuk Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal On Education, 5(4), 17801–17806.

Hita, I. P. A. D., Lestari, N. A. P., Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Media Kartu Bergambar: Apakah Berpengaruh Terhadap Peningkatan Keterampilan Anak Sekolah Dasar Dalam Bermain Bola Basket? Jurnal Marathon, 2(1), 16–23. Retrieved From Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Marathon/Article/View/66267

Hita, I. P. A. D., Pranata, D., & Efendi, M. (2021). Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang. Jurnal Patriot, 3(4), 397–407. Https://Doi.Org/10.24036/Patriot.V%Vi%I.809

Hudain, M. A., Kamaruddin, I., Hita, I. P. A. D., Pranata, D., & Ariestika, E. (2023). Investigation Of Nutritional Status, Vo2max, Agility, Speed, And Strength: A Cross-Sectional Study In Basketball Athletes. Journal Sport Area, 8(2), 261–271.

Ichsan, I., Subroto, D. E., Dewi, R. A. P. K., Ulimaz, A., & Arief, I. (2023). The Effect Of Student Worksheet With Creative Problem Solving Based On Students Problem Solving Ability. Journal On Education, 5(4), 11583–11591.

Iswanto, J., Subekan, S., Sadiyah, D. F., Mastur, M., & Tohawi, A. (2023). Strategi Pemasaran Yang Efektif: Meningkatkan Omzet Penjualan Roti Dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Islam Di Mawaddah Bakery Bandar Lor Kediri. Journal On Education, 5(4), 17807–17813.

Kewa, A. A. A. A. L., Kiloona, B., & Srinarwati, D. R. (2023). Peran Kegiatan Eksrakulikuler Pramuka Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Siswa Sma Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 15–30.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.2988

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas. Journal On Education, 6(1), 35–47.

Ni’mah, S., Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2020). Aktivitas Dan Respon Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 25 Banjarmasin Terhadap Penerapan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing.

Putro, A. N. S. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Presensi Pegawai Stab Negeri Raden Wijaya. Journal On Education, 4(4), 1920–1929.

Putro, A. N. S. (2023). E-Learning In College: Bibliometric Analysis Of Virtual Learning Environments And Online Course Delivery. The Eastasouth Journal Of Learning And Educations, 1(02), 54–64.

Putro, A. N. S., & Gunawan, R. I. (2019). Implementasi Algoritma Fp-Growth Untuk Strategi Pemasaran Ritel Hidroponik (Studi Kasus: Pt. Hab). Jurnal Buana Informatika, 10(1), 11–18.

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Hita, I. P. A. D., Razali, G., Dewi, R. D. D. L. P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik? Journal On Education, 6(1), 6261–6269.

Srinarwati, D. R. (2022). Proses Simulasi-Simulakra-Hiperealitas Dalam Majelis Taklim Jn Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(5), 503–515.

Srinarwati, D. R. (2023). Shopping Simulation: Bts Army Hyper-Reality On The Tokopedia Marketplace. Jurnal Studi Komunikasi, 7(2), 461–474.

Srinarwati, D. R., Sumarno, T., Slamet, J., Widodo, J. P., & Basthomi, Y. (2023). Unleashing The Synergy Of Blended Learning In Higher Education During The Covid-19 Pandemic. Journal For Reattach Therapy And Developmental Diversities, 6(10s), 912–922.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Ilmiah.

Suyono, S., Suhari, S., Srinarwati, D. R., Lestari, B. B., Saputra, A. W., Almaulana, A. W., & Anugraheni, M. T. I. M. (2023). Peluang Bisnis Menjadi Konten Kreator Di Kalangan Remaja Milenial Pada Era Digital Desa Banjar Kemuning Sedati Sidoarjo. Sewagati: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 161–167.

Suyono, S., Zaman, A. Q., Srinarwati, D. R., Suhari, S., Putri, N. A. F., & Alawiyah, K. (2023). Pelatihan Penyusunan Lkpd Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Sma Pkn Se-Kota Surabaya. Manggali, 3(1), 65–73.

Tohawi, A., Iswanto, J., Subekan, S., Dianto, A. Y., & Hendratri, B. G. (2023). Ritme Bisnis Digital: Dinamika Transaksi Online Jesika Shop Kebonagung Dalam Konteks Ekonomi Islam. Journal On Education, 6(1), 10490–10495.

Tohawi, A., Iswanto, J., Subekan, S., Sadiyah, D. F., & Mastur, M. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Perdagangan Bawang Merah Di Pasar Sukomoro Nganjuk. Journal On Education, 5(4), 17814–17822.

Ulimaz, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 61–66.

Ulimaz, A. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Pada Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Vii A Smpn 3 Tanjung Dalam Konsep Ekosistem. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 96–100.

Ulimaz, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Limbah. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(3).

Ulimaz, A. (2022). Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Stasiun Loading Ramp Dengan Metode Hirarc Di Pt. Xyz. Insologi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(3), 268–279.

Ulimaz, A., & Agustina, D. K. (2020). Respon Mahasiswa Vokasi Terhadap Pembelajaran Dengan Kahoot Pada Materi Parameter Limbah Cair. Senaster" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 1(1).

Ulimaz, A., Agustina, D. K., Anggraini, D. P., & Sulistiana, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Pada Materi Nutrisi Mikroorganisme Berbasis High Order Thinking Skill. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 41–51.

Utami, E. S., & Srinarwati, D. R. (2023). Pengaruh Advokasi Hak Asasi Manusia Terhadap Sikap Peduli Sosial Dan Kerja Sama Anak Di Desa Jemundo. Academy Of Education Journal, 14(2), 1124–1138.

Wicaksono, S. R., Lubis, M. S. A., Suprapto, E., Khasanah, K., & Ulimaz, A. (2021). Improvisation Of Project Based Learning With Combination Of Collaborative Learning As Rapid Response To Pandemic Learning. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 215–224.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Mayasari, M., & Purnomo, A. C. . (2023). IMPLEMENTASI APLIKASI LEARNING MANAJEMEN SYSTEM PASCA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4044–4051. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23349

Most read articles by the same author(s)