TOTAL QUALITY MANAGEMENT OF STUDY CLUB PROGRAM AT SMAN 1 TOMOHON

Authors

  • Maria R. Walukow Universitas Negeri Manado
  • Larry J. Mandey Universitas Negeri Manado
  • Lord Ebe Steward Universitas Negeri Manado
  • Deitje A. Katuuk Universitas Negeri Manado
  • Jeffry S.J. Lengkong Universitas Negeri Manado
  • Elni J. Usoh Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23006

Keywords:

Manajemen Mutu Terpadu, Study Club, Ekstrakurikuler, KPI

Abstract

Sekolah-sekolah meningkatkan kualitas melalui berbagai proyek sekolah. Artikel ini menyajikan manajemen mutu total (Total Quality Management) dalam program Study Club di SMAN 1 Tomohon. TQM mengacu pada manfaat yang diperoleh oleh siswa, guru dan sekolah. Tulisan ini merupakan hasil dari metode campuran. Teknik yang digunakan berupa studi literatur, observasi, wawancara dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, Study Club di sekolah tersebut terdiri dari 9 kelompok sesuai dengan mata pelajaran yang ada di Olimpiade Sains Nasional. Tahapan dalam membangun program sebagai pembelajaran ekstra kurikuler meliputi perencanaan, perekrutan, pelaksanaan dan pengendalian. Dengan mempertimbangkan manajemen risiko, program ini telah memenuhi tujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah. Penerapan Total Quality Management di unit pendidikan memberikan hasil yang sangat baik dalam kemajuan kualitas sekolah. Indikator Kinerja Utama digunakan untuk mengukur desain proyek dan pencapaian tujuan.

References

Alfi, S. (2021) Manajemen Program Study Club dalam Membangun Mutu Sekolah di SMK Ma’arif NU Kencong, International Journal of Education ISSN 1948-5476 2011, Vol. 3, No. 1: E13. Digital library UINKHAS Jember http://digilib.uinkhas.ac.id/3921/

Akhtar, M. S, Farooq, S.Zia Ullah & R.A. Memon. (2007). Application of Total Quality Management in Education. Journal of Quality and Technology Management Volume III, M.S. Institute of Education and Research, University of the Punjab, Lahore.

Arcaro, Jerome S. (2006). Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Atmodiwiro, Soebagio (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizya Jaya.

R, Citradewi, R. & P. Arif (2021). Efektivitas Study Club Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 16, No. 2, Tahun 2021, p-ISSN: 1907-4034 e-ISSN 2548-6780 http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp DOI: 10.23917/jmp.v16i2.11704 https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/issue/view/1171, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Conor, Crimmins. Spider Strategies, Washington, DC, USA, https://www.spiderstrategies.com

Crawford Paul Shutler & Lachlan E.D., (1999), Total quality management in education: problems and issues for the classroom teacher", International Journal of Educational Management, Vol. 13. http://dx.doi.org/10.1108/09513549910261122

Dimyati. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Gallagher, James J. (1985). Teaching The Gifted Child. Baston : Allyn and Bacon,Inc.

Gray, Brbara. 1989. Collaboratting : Finding common ground formulti-party problems. San Franscisc, CA: Jossey-Bass.

Kambey, Daniel C. & Kambey, Ellen S. (2004). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Manado: Universitas Negeri Manado.

Luecke, Richard. (2003). Managing Creativity and Innovation. Harvard Business Publishing Corporation.

Makawimbang, J.H (2012) Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu . Bandung: Alfa Beta.

Musringudin & Afinah Zahra. Evaluasi Program Ekstrakulikuler Study Club Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Nizamia Andalusia, ulil albab, jurnal ilmiah multidisiplin, cv. ulil albab corp. vol. 1 no. 8: juli 2022,E- ISSN: 2810-0581 https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/ Universitas Muhamamdiyan Prof. Dr. Hamka

Nasution. (2004). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia

Ravindran, N & R. Karpaga Kamaravel, Total Quality Management in Education: prospects, issues and challenges. Shanlax International Journal of Education, Vol. 4 No. 2 March, 2016 ISSN: 2320

Purwanto. 2016. Pengambilan Keputusan yang Efektif dalam Organisasi. (online) Available at: http://www.kompasiana.com/puterision/ pengambilan-keputusan-yang-efektif-dalampeningkatan-kualitas-organisasi/.

Sallis, Edward (2006). Total Quality Management in Education; Manajemen Mutu Pendidikan. Terjemahan Ahmad Ali Riyadi, et.al., Cet. IV IRCiSoD, Yogyakarta.

Soebagio Atmodiwiro, (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia Jakarta: Ardadizya Jaya.

Tululi, Imran. (2022). Menggerakkan Komunitas Belajar Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Diakses 10 Januari 2023 pada (imrantululi.net/berita/detail/menggerakkan-komunitas-belajar-untuk-mendukung-implementasi-kurikulum-merdeka.)

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Walukow , M. R., Mandey, L. J. ., Steward, L. E. ., Katuuk, D. A. ., Lengkong, J. S. ., & Usoh , E. J. . (2023). TOTAL QUALITY MANAGEMENT OF STUDY CLUB PROGRAM AT SMAN 1 TOMOHON . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3659–3667. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23006