PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI DI TINGKAT SMP

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Khairun
  • Asriani Thahir Universitas Khairun
  • Rudi Karma Universitas 19 November Kolaka
  • Ananda Putriani Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17967

Keywords:

Strategi Diferensiasi, Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi di tingkat SMP. Penelitian ini adalah penelitian yang jenisnya deskriptif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi litertur, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemetaan kebutuhan belajar dilakukan berdasarkan kesiapan belajar, gaya belajar dan minat  peserta didik. Hasil pemetaan kebutuhan belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa tingkatan kesiapan belajar peserta didik SMPN 4 Ternate adalah bahwa 58 % peserta didik memiliki pemahaman cukup dan masih memerlukan bimbingan lebih lanjut, 36 % peserta didik memiliki pemahaman yang lebih baik tentang puisi dan mampu mengembangkan keterampilan menulis puisi dengan lebih kompleks. Serta 6% peserta didik memiliki pemahaman yang maju tentang puisi dan mampu menulis puisi dengan kedalaman emosi dan makna. dari segi minat belajar, peserta didik memiliki minat dan bakat berbeda-beda ada 41 % peserta didik memiliki minat di bidang seni, 36 % di bidang olahraga, 14 % di bidang sains dan 19 % di bidang IT. Analisis gaya belajar menunjukkan bahwa gaya belajar  peserta didik SMP 4 Ternate adalah 37 % lebih cenderung visual 24 % memiliki gaya belajar Auditori dan 39 % memiliki gaya belajar kinestetik. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mempertimbangkan perbedaan dalam gaya belajar, minat, dan kebutuhan peserta didik, pembelajaran berdiferensiasi membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan responsif.

References

Atik Siti Maryam. 2021.Stategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi

Balai Besar Guru Penggerak. 2022. Filosofi Ki Hadjar Dewantara Modul 1.1 Guru Penggerak: BBGP.

Faiz, Aiman dkk. 2020. “Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 12(2), 2442 2355.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. 2022. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. 2019. “Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools.” 382(Icet), 678–681.

Noviyanti, I. N. 2019. “Curriculum 2013 Based on The Philosophy Perspective of Progressivism.” Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(1), 35. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i1.48287.

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. 2021. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin ( Studi Pada peserta didik di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125.

Rukiyati, & Purwastuti, L. A. 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Susilawati, N. 2021. “Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme.” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108.

Suwartiningsih, S. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Tomlinson, Carol Ann, & Moon, T. 2014. Assessment in a differentiated classroom. Proven Programs in Education: Classroom Management and Assessment, 1–5.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Wahyuni, S. ., Thahir, A. ., Karma, R., & Putriani, A. . (2023). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI DI TINGKAT SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 264–269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17967