ANALISIS LITERTASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN SYNECTICS PADA MATERI SATUAN TIDAK BAKU PADA ANAK KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

Authors

  • Salma Talenta Anggraini Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arina Restian Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mariyani Mariyani SD Muhammadiyah 4 Batu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.21653

Keywords:

Analisis, Literasi Matematika, Pembelajaran Sinektik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal literasi matematika siswa, efektifitas pembelajaran Synectics materi satuan tidak baku serta kemampuan literasi matematika setelah mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan sinektik. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 4 Batu. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menungjukkan bahwa kemampuan literasi matematika sebelum diadakannya penelitian masih sangat rendah dan setelah dilakukannya penelitian mengalami peningkatan yang signifikan. Pendekatan pembelajaran sinetik yang dilakukan sebegai bentuk perlakuan terhadap siswa memiliki kefektifan yang cukup baik terbukti dengan perubahan pendekatan pembelajaran menjadi pendekatan sinetik dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa

References

Amin, A. (2017). Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam pada Anak Melalui Pendekatan Sinektik dan Isyarat Analogi dalam Alquran. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 21(2), 157–170.

Aprinawati, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa sekolah dasar negeri 55 pekanbaru. Jurnal Basicedu, 1(1), 31–44.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).

Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). Kemampuan penyesuaian diri mahasiswa terhadap pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285–292.

Islam, S. A. I. (2023). Perbaikan Mutu Pendidikan Melalui Proses Pengevaluasian Kurikulum Pendidikan. Proceedings Series of Educational Studies.

Kusmarni, Y. (2012). Studi kasus. UGM Jurnal Edu UGM Press, 2.

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150.

OECD. (2015). PISA 2015 Result in Focus.

OECD. (2019). What Students Know and Can Do: Vol. I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

OECD. (2021). Pisa 2022 Mathematics Framework ( Draft ). https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learn Into Everyday Use. Journal of Mathematics Education, 4(1).

Sabariah. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 116–122.

Safitri, R., & Sari, M. (2022). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Siswa SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Journal of Chemistry Education and Integration, 1(1), 9–15.

Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315.

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Anggraini, S. T. ., Restian, A. ., & Mariyani, M. (2024). ANALISIS LITERTASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN SYNECTICS PADA MATERI SATUAN TIDAK BAKU PADA ANAK KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1305–1309. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.21653