ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 BATU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.21645Keywords:
Gaya Belajar SiswaAbstract
Siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda dalam belajar, sehingga hal ini penting bagi guru mengetahui gaya belajar siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah pengetahuan tentang gaya belajar siswa ketika mempelajari mata pelajaran PPKN. Gaya belajar adalah suatu bentuk pembelajaran yang sangat penting sesuai dengan karakteristik siswa, sangat penting bagi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, siswa lebih mudah memotivasi dirinya untuk belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan sumber daya. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, penyajian data dan inferensi. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu, pembelajaran PPKN mempunyai beberapa karakter yang terdiri dari karakter 47% materi visual mempunyai sifat visual yaitu dapat dipahami ketika siswa mendapat tugas membaca untuk memecahkan masalah pembelajaran secara efektif dan tertulis , Adapun siswa yang memiliki gaya belajar auditori sebanyak 33%, mereka lebih banyak memahami ketika guru membacakan soal, dapat meneruskannya secara lisan dan lebih memahami informasi yang diperoleh dari hasil pekerjaannya ketika guru menjelaskan materi secara lisan. Selanjutnya Gaya belajar dengan ciri kinestetik bahkan terdapat 20% siswa lebih memilih menyelesaikan soal secara online kelompok, mereka tidak bisa fokus memecahkan masalah ketika harus duduk diam untuk waktu yang lama. Hasil penelitian membuktikannya Siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Batu mempunyai gaya belajar yang berbeda meliputi belajar visual, auditori, kinestetik dan gaya belajar yang paling dominan adalah Gaya belajar visual.References
Azis, F. R. N., Pamujo, & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur?: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26–31. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2658
Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273
Crystallography, X. D. (2016).Analisis Faktor Gaya Belajar. 4(4), 1–23.
Crystallography, X. D. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 SEKADAU. 4(4), 1–23.
Crystallography, X. D. (2016). HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BEKASI 4(4), 1–23.
Dewi, K., Sulianto, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Prajabatan, P., Universitas, P., & Semarang, P. (n.d.). ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI GAJAHMUNGKUR 04 SEMARANG.
Firdausi Husrin, N., Susanto, H., Guna Utama, E., & Singkawang, S. (2023). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi Pada Kelas V di SD Negeri 83 Singkawang. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 9(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Perumal, P., Husin, M. R., & Nachiappan, S. (2022). Analisis Gaya Kognisi dan Afeksi Murid dalam Penulisan Karangan Bahasa Melayu di Sekolah Rendah. Journal of Humanities and Social Sciences, 4(1), 22–28. https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0401.340
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kedelapan belas. Bandung. Alfabeta,
Sugiyono. (2015), Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dayinta Dhety Parahita, Arina Restian, Rissana Aprilia Rohma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.