ANALISIS IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS PROGRAM PEJUANG SUBUH DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.21643Abstract
Profil pelajar Pancasila merupakan representatif dari pendidikan karakter. Ini merupakan bentuk upaya pemerintah dan sekolah untuk bersinergi membentuk, menanamkan, dan mengembangkan nilai kebaikan yang berpedoman pada norma yang ada sejak dini melalui lembaga sekolah. Terdapat 6 elemen yang termuat dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu: Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila pada pelaksanaan program sholat subuh berjamaah di SD Muhammadiyah 4. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dengan teknik wawancara dan observasi. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pamong SD Muhammadiyah 4 Batu. Hasil penelitian menunjukkan dalam program subuh berjama’ah terdapat dua elemen Profil pelajar Pancisila yang muncul, yaitu Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia dan Mandiri. Program ini dilaksanakan oleh guru dan peserta didik kelas 4-6. Pejuang subuh dirancang sebagai usaha sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter baik sejak dini yang membutuhkan konsistensi dan kerja sama dengan orang tua dalam mendukung terlaksananya program pejuang subu secara berkelanjutan.References
Anggito, Albi & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). CV Jejak.
Belferik, M., & Sri, M. (2008). Esensi Pendidikan. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 5(1), 1–10.
Firmansyah, E., & Wardati, N. A. (2022). Implementasi Pendidikan Muhammadiyah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Kota Batu. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 17, 75–80.
Hamidi, I. (2023). Pendidikan Karakter MI Al- Ma ’ arif Merauke?: Analisis Kontribusi Tri Pusat Pendidikan Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat erat kaitannya dengan globalisasi . Globalisasi sendiri mempunyai dampak yang sangat besar terhadap duni. 2(2), 63–75.
Inanna, I. (2018). Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. JEKPEND (Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan), 1(1), 27–33.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Listiawati, N. (2018). The implementation of the strengthening character education in sdn 09 mataram city, nusa tenggara barat. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 17–28.
Murti, S., & Heryanto, H. (2022). Program Shalat Subuh Berjamaah dan Kesadaran Beragama. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 2(1), 1–12.
Mustoip, Sofyan., Japar, Muhammad, Zulela, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. In A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano. JAKAD.
Nurjanah, S., Yoseptry, R., Rahmawati, Y., Ambarwati, Y., & Rahayuningsih, D. (2023). Implementasi Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di SMP Bintang Madani Kota Bandung. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(2), 314–326.
Octaviani, A. A., Furaidah, F., & Untari, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius Dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11).
Pasaribu, R. L., Matematika, P., Tanjungpura, U., Info, A., Analysis, C., Disposition, M., & Learning, M. (2023). Efektifitas Program Didikan Subuh Dalam Pendidikan Karakter Anak-Anak Desa Air Putih. 7(2018), 29–37.
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy (ed.); 1st ed.). Cipta Media Nusantara.
Sofannah, I. A., Amrullah ?, M., Darmawan, M., & Wardana, K. (2023). JPK?: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 115–125.
Syafira, W. N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri Bugangan 02 Semarang. Jurnal Guru Kita, 5(4), 75–82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Reszha Rozhiqkha, Arina Restian, Rissana Aprilia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.