IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA LITERASI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DI SDN GELANG 1 SIDOARJO

Authors

  • Syella Tri Novera Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ira Yuniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Man Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24696

Keywords:

Program Kerja Literasi, Kampus Mengajar, SD Gelang 1 Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai implementasi program kerja literasi mahasiswa kampus mengajar angkatan 6 di SDN Gelang 1 Sidoarjo. Fenomena yang terjadi di Indonesia tingkat literasi masih sangat rendah. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat literasi di Indonesia antara lain adalah  kurangnya minat baca masyarakat. Menyikapi hal ini, Kampus Mengajar (KM) yang merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka hadir untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode    penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dan hasil observasi langsung ke lapangan yaitu di SDN Gelang 1 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Literasi di sekolah dasar membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis yang merupakan dasar dari pembelajaran di masa depan. Melalui program-program unggulan seperti membaca rutin, hari kreatif, rantai kata, mading, scrabbel, literasi kreasi memberikan dampak positif kepada para siswa SDN Gelang 1 Sidoarjo dalam meningkatkan literasi serta berdampak positif juga kepada para mahasiswa kampus mengajar dalam hal kreatifitas, kepemimpinan dan lain sebagainya.

References

Chairunnisa, C. 2018. Pengaruh Literasi Membaca dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei pada Mahasiswa STKIP Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6 (1), 745.

Hasbullah. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Rajawali Pers

Ihsan, F. 2013. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Mulyadi. 2015. Implementasi Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press

Kemendikbud. 2023. Buku Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2023. Buku Saku Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6. Jakarta: Kemendikbud

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Roqib, Moh. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS

Soesanto. 2011. Program kerja daerah dan permasalahannya. Bandung: PT. Refika Aditama.

Novera, Syella Tri dkk. 2023. Kontribusi Sosial Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 03 Lombok Timur. Jurnal JPM: Jurnal Pengabdian Mandiri, Vol. 2. No. 2

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Novera, S. T. ., Lisdayanti, S. ., Yuniati , I. ., & Hakim, M. . (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA LITERASI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DI SDN GELANG 1 SIDOARJO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 819–824. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24696