PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI

Authors

  • Rodiana Marpaung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Harningsih Fitri Situmorang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21086

Keywords:

Entrepreneurship Knowledge, Self Efficacy and Interest in Entrepreneurship

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha, untuk mengetahui pengaruh secara parsial Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan Pengetahuan Kewirausahaan dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMSU angkatan 2019-2022 berjumlah 83 mahasiswa, dan sampel sebanyak 83 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (Uji t), uji signifikasi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha, terdapat pengaruh positif Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha dan pengujian yang dilakukan secara simultan menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Kewirausahaan Dan Self Efficacy berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

References

Abualzam, A., Nurhaedah, & Sumiati. (2021). The Effect of Product Quality and Price on Customer Loyalty at Akhwat Makassar Sewing House Shop. Economy Deposit Journal (E-DJ), 3(1).

Alberto, K. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keberhasilan Usaha. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 4(4).

Andari, S. (2016). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Angipora. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arianty, N., Jasin, H., Nasution, P. L. K., & Christiana, I. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Aufar, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Survei Pada Perusahaan Rekanan PT. PLN (Persero) di Kota Bandung). Jurnal Ilmiah & Bisnis, 1(1).

Basrowi. (2014). Kewirausahaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Christiana, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh Kompetensi Wirausaha, Pembinaan Usaha Dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Batik Di Sentra Pesindon Kota Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 3(4).

Dhewanto, W., Mulyaningsih, H. D., Permatasari, A., Anggadwita, G., & Ameka, I. (2014). Manajemen Inovasi Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Jakarta: CV Andi Offset.

Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat (7th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2016). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan

Herawaty, N., & Yustien, R. (2019). Pengaruh Modal, Penggunaan Informasi Akuntansi Dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil (Survei Pada Usaha Rumahan Produksi Pempek di Kota Jambi). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 3(1).

Hismadiyani, D., Fatimah, S., & Firmansyah. (2017). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Usaha. Jurnal Mitra, 1(1).

Indonesia. (2008). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta.

Jaya, D. I., & Mulyono, J. (2019). Pengaruh Lokasi Usaha, Pelayanan, Harga, Inovasi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Katering Cikarang Bekasi. Jurnal Ilmiah &Bisnis, 1(1).

Jumaidi, H. (2012). Hubungan Karakteristik Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Perusahaan Kecil Di Pekalongan). Jurnal Manajerial, 11(21).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Limakrisna, N., & Susilo, W. H. (2012). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Makmur, & Thahier, R. (2015). Inovasi & Kreativitas Manusia Dalam Administrasi Dan Manajemen. Bandung: Refika Aditama.

Mas’ud, M., & Machfoedz, M. (2015). Kewirausahaan Suatu Pendekatan Kontemporer. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Prasatya, F. A., Muhandri, T., & Cahyadi, E. R. (2017). Faktor Keberhasilan Usaha UMKM Jajanan Asing Kaki Lima di Kota Serang. Jurnal Manajemen IKM, 12(2).

Rahmayanti, I. A., Wahyudi, E., & Sasongko. (2015). Inovasi Produk Berbasis Kreativitas Kaos Khas Banyuwangi Di “Osing Deles” Banyuwangi. E-SOSPOL, 1(1).

Sudaryono, S. (2016). Metodologi Riset Di Bidang TI: (Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus). Yogyakarta.: Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Suryana. (2017). Kewirausahaan (Kiat dan Proses Menuju Sukses). Jakarta: Salemba Empat.

Susanto, H. (2020). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kalimantan Tengah. Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan), 5(2).

Syafei, D., & Jalaludin, J. (2021). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah Pada Penjahit Pakaian Di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU. Jurnal Manajemen Bisnis Unbara, 2(2).

Tambunan, T. (2013). UMKM di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Thamrin, A., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2019). Kepuasaan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, dan Strategi.

Wahyunti, S. (2020). Peran Strategis UMKM Dalam Menopang Perekonomian Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2).

Wibowo, A. (2016). Akuntansi Untuk Bisnis: Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. Inovbiz Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2).

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Marpaung , R. ., & Situmorang, H. F. . (2023). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1513–1521. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21086