PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Fuji Rahmadi P Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20299

Keywords:

Manajemen, Sumber daya Manusia, Mutu Pendidikan

Abstract

Sumber daya manusia disetiap lembaga pendidikan memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar dan menentukan mutu pendidikan yang dijalankan. memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas dibutuhkan manajemen yang terukur dan terstruktur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana TKIT Darul Abror Batubara melakukan perencanaan, pengoganisasian, pelaksanaan dan evaluasi sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan peneliti terlibat langsung dalam pengumpulan data berupa observasi partispatif dan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa perencanaan dan pengorganisasian yang dilakukan adalah berupa perekrutan tenaga pendidik dan kependidikan berdasarkan kualitas dan kapasitas yang mengacu pada kompetensi keilmuan PAUD dan wawasan keIslaman, mengelompokkan tenaga pendidik sesuai dengan keilmuan dan kelompok usia yang dididik. Dalam pelaksanaan, kepala TKIT Darul Abror memiliki kemampuan yang kuat, partisipatif, demokratis dan pemberian motivasi, reward dan funishment secara rutin. Sedangkan pengawasan yang dilakukan berupa pembinaan dan bimbingan kepada guru, tenaga kependidikan dan tenaga adminstrasi secara berkesinambungan dengan melakukan supervisi kelas dan menekankan pada guru untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.

References

Azizatul Mar’ati. 2022. Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 10.

E. Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Evy Ramadina. 2022. Manajemen Pendidikan Islam (Pendidikan Anak Usia Dini), JTA: Jurnal Tunas Aswaja, 1 No. 1.

M F Tharaba, 2020. Manajemen Pendidikan Multikultural Perspektif Ulu Al-Albab’, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 1. No. 2.

Mukh Nursikin, 2018. Eksistensi Madrasah Dan Sekolah Islam Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi Kasus Di MAN Yogyakarta III Dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta), ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3.

Opan Arifudin. 2022. Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis), Bandung: Widina Media Utama.

Saeful Malik. 2020. Implementasi Manajemen Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren Al Muqoddas Tukmudal Sumber Kabupaten Cirebon’, Eduprof: Islamic Education Journal. Vol. 2. No. 1.

Suharni. 2019. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekan Baru, Jurnal Ilmiah Potensia, 4.1.

Tika Santika and others. 2023. Pola Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Anak Usia Dini, Jurnal Plamboyan Edu (JPE), Vol. 1. No. 1.

Yuli Supriani and Opan Arifudin. 2022. Kepemimpinan Pendidikan Di Era Disrupsi, JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Rahayu, S. ., & P, F. R. (2023). PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 726–732. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20299