KENDALA GURU KELAS VII DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI JENJANG SMP

Authors

  • Marizka Anggraini Universitas PGRI Sumbar
  • Sri Rahayu Universitas PGRI Sumbar
  • Wibi Wijaya Universitas PGRI Sumbar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18029

Keywords:

Kendala, Guru, Pelaksanaan, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana kendala guru kelas VII dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 7 Muaro Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Muara Bungo, Provinsi Jambi dari perubahan kurikulum yang terus menerus terjadi membuat kurikulum tersebut belum terlaksana dengan baik yang mana kemendikbud Ristek RI telah mengeluarkan kurikulum merdeka. Hal tersebut membuat adanya dampak dari perubahan kurikulum terutama pada guru yang mana dari segi pembelajaran di kelas guru masih belum bisa memahami kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala yang di rasakan oleh guru kelas VII dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 7 Muara Bungo. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar Humanistik yang mana tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualiatif dengan tipe Deskriptif, menggunakan sumber data primer dan data skunder. Dengan teknik pemilihan informan purposive sampling, dengan jumlah 16 orang informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Individu, guru kelas VII SMP Negeri 7 Muara Bungo dengan analisis data menggunakan Model Interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasilnya penulisan menemukan kendala guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 7 Muara Bungo yaitu meliputi: A) perencanaan dalam persiapan kurikulum merdeka terdapat 1. kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran, 2. Kesulitan dalam perencanaan perancangan modul profil pejalar pancasila, B) kesulitan dalam pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka terdapat, kendala dalam Pembelajaran differensiasi dan penerapan profil pelajar pancasila. C) kendala dalam penerapan tes diagnostik dan keterbatasan waktu dalam mengganalisis hasil assesmen

References

Anggila Wingsi. 2022. “persepsi guru bidang studi ips dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMP negeri sekecamatan tanjung kemuning kabupaten kaur.” Universitas islam negeri fatamawati sukarno Bengkulu.

Argita. 2016. “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Sistem Komputerisasi dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) pada Usaha Woodshouse.” Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Arianto, Subur. 2018. “Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di madrasah ibtidaiyah negeri 3 rejang lebong.” institut agama islam negeri curuo.

Djamaludd n Ahdar, Dkk. 2019. belajara dan pembelajaran. pertama. d ed t oleh A. Syaddad. Jakarta: CV,Kaaffah Learn Ng Center.

Eli, Sasmita. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan iKurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso).” 4(20):5545–49.

Hasim, Evi. 2020. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar” 68–74.

Heryana, Ade. 2018. “Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif.” (December).

Ida, Norlena. 2015. “Sekolah Sebagai Organisasi Formal (Hubungan Antar Struktur).” 5:43–55.

Kamaliah. 2021. “Hakikat peserta didik.” 1(1):49–55.

Kirom, Askhabul. 2017. “peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran bebasis multikultural.” 3:69–80.

Kurniati lenny DKK. 2023. “analisis kesiapan guru SMP di Demak dalam penerapan kurikulum merdeka.” 2(6):2683–92.

Moleong, lexy j. 2007. metode penelitian kualitatif. dua puluh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Taufik dkk. 2022. “Kurikulum 2013 , Kurikulum Darurat (2020-2021), Dan Kurikulum Prototipe Atau Kurikulum Merdeka ( 2022 ) Mata Pelajaran Bahasa Inggris?: Suatu Kajian Bandingan.” Sinastra 1(1):373–82.

Nurdiansyah, Fajar dkk. 2016. “strategi branding bandung giri gahana golf sebelum dan saat pandemi-19.” 2(2):1–23.

Nurdin, Syafruddin. 2005. guru profesional dan Implementasi Kurikulum. cetakan II. Ciputat: PT. Ciputat Press.

Rahayu, Restu. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(2):6313–19. doi: 10.57216/pah.v18i2.480.

Rijali Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif.” 17(33):81–95.

Sanjaya, 2010. 2010. Buku 1.Pdf. Pertama. Jakarta: Kencana prenada Media Grup.

Sari, faradilla intan. 2023. “Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5.

Septianingrum, Ratih. 2016. “analisis kendala-kendala dalam pembelajaran online mata pelajaran matematikan siswa kelas IV MI MA’ARIF 18 Trimuljo Lampung Tengah.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Suhendra, Ade, S. pd. i. M. P. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 dalan pembelajaran SDMI. pertama. Jakarta: Kencana prenada Media Grup.

Susanti Hendra dkk. 2023. “Problematika Implementasi iKurikulum merdeka di SMP Negeri i5 Padang Panjang.” 3:54–65.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Anggraini, M. ., Rahayu, S. ., & Wijaya, W. . (2023). KENDALA GURU KELAS VII DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI JENJANG SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 463–473. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18029