TELAAH EVALUASI MULTIDISPLINER PEMBELAJARAAN PAI DAN LINGKUNGAN DI SDN 4 MENTENG

Authors

  • Muhammad Raj Ulhaq IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Fuad Ikhwansyah IAIN Palangka Raya
  • Hendra Sucipto IAIN Palangka Raya
  • Santiani Santiani IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20072

Keywords:

Evaluasi, Lingkungan, Multidisipliner, PAI

Abstract

Indonesia memiliki tingkat polusi udara yang sangat memperihatinkan. Sebab itu pemerintah membuat berbagai program salah satunya adalah sekolah adiwiyata. Agama Islam sebagai agama yang syumuliyyah tidak terlepas dalam pendidikannya mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu program evaluasi kekinian adalah adanya evaluasi multidisipliner pembelajaran PAI dengan lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui mengenai keberadaan evaluasi multidisipliner pembelajaran PAI dengan lingkungan di sekolah adiwiyata SDN 4 Menteng serta dukungan guru PAI mengenai bentuk evaluasi multidisipliner PAI dan lingkungan. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara kepada salah satu guru di SDN 4 Menteng palangka Raya ibu Uswatun Hasanah, S.Pd.I. Hasil dari penelitian bahwa telah ada pada evaluasi pembelajaran PAI multidisipliner dengan lingkungan. Keberadaan tersebut masih menjadi satu dengan evaluasi PAI karena memang termasuk dalam materi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam evaluasi berupa evaluasi penugasan, observasi, tanya jawab, dan soal. Isntrumen evaluasi yang dipakai berupa lembar penilaian dan soal yang sudah disusun sebelum pembelajaran berlangsung. Respon guru terhadap adanya evaluasi tersebut adalah mendukung bentuk evaluasi tersebut. Hal ini dapat dilihat dari jawaban sang guru terhadap penghkhususan evaluasi multidisipliner lingkungan dalam pembelajaran PAI. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa empati dan pengetahuan siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan alam.

References

Adawiyah, S. R. (2022). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup Bagi Anak Usia Dini. Jurnal MUSAWA, 14(1).

Akib D, Muh. (2021). Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Islam, 19(1).

Ardiawan, I. K. N. (2020). Studi Peningkatan Kesiapan Guru PAUD Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 (Meta–Analisis). Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Aurelya, T., Nurhayati, & Purba, S. F. (2022). Pengaruh Kondisi Sektor Kesehatan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal STEI Ekonomi (JEMI), 31(2). https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.752

Ayatullah. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara. Bintang?: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2).

Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. OSFPREPRINTS. https://doi.org/10.31219/osf.io/g8h3p

Indrianeu, T. (2020). Model Sekolah Adiwiyata Dalam Meningkatkan Kepedulian Warga Sekolah Terhadap Lingkungan Di Smp Negeri 10 Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1).

Khairani, O. R., Anggiane, M., Woro, D. A., & Widowati, H. (2023). Peningkatan Pengetahuan Tentang Kesehatan Paru Dan Polusi Udara Pada Pengemudi Ojek. Jurnal Abdimas Kesehatan Terpadu, 2(1). https://doi.org/10.25105/jakt.v2i1.16795

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang?: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2).

Moeljadi, D., & dkk. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Bahasa Kemendikbud, Apk Versi 0.5.0.

Muhammad, A. (2022). Urgensi Pelestarian Lingkungan Hidup Dalam Al Quran. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1).

Mulyatno, C. B. (2022). Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini dalam Perspektif Teologi Pemerdekaan Y.B Mangunwijaya. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5).

Musarwan, & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(2).

Putri, R. M., Sofah, R., Silvia AR, & Junaidi, I. A. (2021). Identifikasi Hambatan Belajar Mahasiswa Universitas Sriwijaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3).

Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim Dalam Implementasi Manajemen Mutu Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 5(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1

Sari, G. K., Sarifuddin, & Setyawati, T. (2022). Tuberkulosis Paru Post Wodec Pleural Efusion: Case Report. Jurnal Medical Profession (MedPro), 4(2).

Sari, J. A., Astuti, R., & Prasetio, D. B. (2020). Kapasitas Vital Paru pada Pekerja Tambal Ban Pinggir Jalan. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, 4(2).

Sudaryanto, S., Prasetyawati, N. D., Sinaga, E., & Muslikah. (2022). Sosialisasi Dampak Polusi Udara Terhadap Gangguan Kesehatan Kenyamanan Dan Lingkungan. 1st Midwifery Science Session (Prosending), 1(1).

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Ulhaq, M. R. ., Ikhwansyah, M. F. ., Sucipto, H. ., & Santiani, S. (2023). TELAAH EVALUASI MULTIDISPLINER PEMBELAJARAAN PAI DAN LINGKUNGAN DI SDN 4 MENTENG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20072