MODERASI BERAGAMA DAN PENANAMANNYA DI SMAN 1 PULANG PISAU

Authors

  • Rabiatul Adawiah IAIN Palangka Raya
  • Zainap Hartati IAIN Palangka Raya
  • Muslimah Muslimah IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Fuad Ikhwansyah IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21147

Keywords:

Agama, Moderasi, Pendidikan.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang unik dengan masyarakat yang beragam. Negeri ini memiliki 17.000 pulau, berbagai suku, dan berbagai bahasa yang berbeda. Ada 5 (lima) agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Kemajemukan ini tentu tidak terlepas dari problematika di dalamnya salah satunya adalah soal agama. Mengatasi berbagai konflik keberagaman yang ada di Indonesia, upaya menghindari konflik dengan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada masyarakat merupakan hal yang strategis untuk dilakukan. Moderasi beragama dikembangkan untuk memperkuat toleransi dan merevolusi mentalitas masyarakat untuk menghadapi kehidupan masyarakat yang majemuk dan majemuk. Metode penelitian menggunakan studi literatur. Metode pendekatan yang dipakai pada penelitian ini berupa deskriptif kualitatif sebab penelitian ini menjabarkan data yang menjelaskan secara mendalam dalam bentuk tulisan, bukan data yang tersusun dari angka. Hasil Penelitian Upaya yang dapat dilakukan untuk memberikan penguatan tentang moderasi dalam beragama pada siswa di lingkungan SMAN 1 Pulang pisau sesuai dengan pemahaman Islam yang sebenarnya.

References

Afriani, Najmia, A., & Mauila, N. (2022). Toleransi Beragama Dalam Perspektif Al-Quran (Kajian Tafsir Ayat-Ayat Sosial). Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir, 2(2).

Ahmad, M. (2010). Pendidikan Lingkungan Hidup Dan Masa Depan Ekologi Manusia. Forum Tarbiyah, 8(1).

Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 9(2). http://dx.doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719

Basri, H. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMK Triatma Jaya Semarang. Uin Walisongo.

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI (TinjauanAnalisis Pada Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1).

Kamali, M. H., & Ramadan, T. (2015). The Middle Path of Moderation in Islam: The Quranic Prinsip of Wasatiyyah. Oxford University Press.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2023). Qur’an Kemenag.

Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Ddan Studi Islam, 3(2).

Moeljadi, D., & dkk. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Bahasa Kemendikbud, Apk Versi 0.5.0.

Moleong, L. J. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. Jurnal Falasifa, 11(2).

Redaksi Ini Kalteng. (2023). FKPT Terus BerupayaCegahMasuknyaPahamRadikalisme. Https:// Www. Inikalteng.Com/ Fkpt-Terus-Berupaya-Cegah-Masuknya-Paham-Radikalisme/.

Rohmat. (2014). Tinjauan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam. STAIN Press.

Supriati, N. (2022). Menyemai Moderasi Beragama di Sekolah. Https://Bdkjakarta.Kemenag.Go.Id/Menyemai-Moderasi-Beragama-Di-Sekolah/.

Tim Penyusun. (2019). Moderasi Beragama. Kementerian Agama RI.

Ulfaturrohmatiririn, Z., Lessy, Z., Arifin, I., Prabowo, C. D., Mubarok, M. Z., & Listiani, A. R. (2021). Managing Plurality to Boost Harmony Among Religious Adherents in Indonesia. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 21(2).

Wafiyah, L. R. (2012). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 23 Semarang Tahun 2011/2012. IAIN Walisongo, Skripsi.

Wahyudi, D., & Kurniasih, N. (2021). Literasi Moderasi Beragama Sebagai Reaktualisasi “Jihad Milenial” ERA 4.0, ,. Moderatio?: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1).

Yaqin, M. A. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untukdemokrasi dan Keadilan. Pilar Media.

Yunus, M. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Pada SMP Negeri 1 Amparita Kec. Tellu Limpoekab. Sidrap). Al-Islah: Jurnal Studi Pendidikan, 15(2).

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Adawiah, R., Hartati, Z., Muslimah, M., & Ikhwansyah, M. F. . (2023). MODERASI BERAGAMA DAN PENANAMANNYA DI SMAN 1 PULANG PISAU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2359–2365. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21147