PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS DARUL AMIN PALANGKA RAYA

Authors

  • Atiah Atiah IAIN Palangka Raya
  • Santiani Santiani IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Fuad Ikhwansyah IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22584

Keywords:

Evaluasi, Pendidikan Karakter, Studi Kasus

Abstract

Pendidikan karakter menjadi perhatian utama saat ini karena rendahnya karakter siswa. Pendidika karakter secara umum telah dilaksanakan diberbagai sekolah karena telah ada dalam kurikulum. Namun evaluasi terhadap pendidikan karakter masih sangat terbatas karena keterbatasan alat evaluasi. Tujuan penulisan artikel ini adalah mengkaji pelaksanan evaluasi pendidikan karakter di MTs Darul Amin Palangka Raya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa di MTs Darul Amin Palangka Raya. Hasil dari penelitian yang diperolah adalah bahwa penerapan pendidikan karakter di MTs Darul Amin termuat dalam semua mata pelajaran yang ada baik dari ranah metode maupun strategi pembelajaran. Pendidikan karakter juga dilakukan melalui pembiasaan tingkah laku oleh semua warga sekolah. Pendidikan karakter diterapkan melalui bentuk pembiasaan-pembiasaan dan keteladanan nilai karakter jujur, religius, disiplin, toleran, kreatif, bekerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, demokratis, cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, cinta damai, komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan rasa tanggungjawab. Namun pelaksanaan evaluasi tentang pendidikan karakter yang telah dilakukan masih sangat terbatas. Evaluasi karakter hanya melalui observasi oleh guru kelas dan mata pelajaran yang belum dilakukan secara tertulis. Hal ini membuat pendidikan karakter belum dapat dievaluasi pengaruhnya terhadap karakter siswa. Penelitian ini merekomendasikan untuk membuat alat evaluasi karakter yang dapat digunakan guru sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

References

Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi. PT Kompas Media Nusantara.

Fadlillah, M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Ar-Ruzz.

Hijran, M. (2022). Pendidikan Moral Menurut Islam Kaitanya Dengan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Ikhwansyah, M. F., Tanjung, R., Maspul, K. A., Firmansyah, & Amalia, F. (2023). Building Children Character In Islamic Education. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4).

Lickona, T. (2013). Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara.

Mahmud, A. (2020). Akhlak Islam Menurut Ibnu Miskawaih. Jurnal Aqidah-Ta, 6(1).

Majid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.

Q-Anees, B. A. H. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Simbiosa Rakatama.

Ramayulis. (2004). , Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Saepulloh. (2022). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik Dalam Perspektif Psikologi Islami. Jurnal Al Burhan, 2(1).

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1).

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis KBK. Kencana Prenada Media Group.

Suryawan, IG. A. J. (2020). Penanaman Nilai Moral Dan Etika Pada Anak Usia Dini Melalui Konsep Sorga Neraka. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Syamsul, K. (2013). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi Secara Terpadu diLingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz.

Yustiana, Y. R., Suhendar, Hodijah, S. R. N., Amelia, T., Prasetyaningsih, Supriyadi, & Hidayat, F. A. (2022). Analisis Posisi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam RUU Sistem Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Kependidikan Dan Pendidikan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2).

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Atiah, A., Santiani, S., & Fuad Ikhwansyah, M. (2024). PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS DARUL AMIN PALANGKA RAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1103–1107. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.22584

Most read articles by the same author(s)