PERAN KOMUNIKASI KRISIS DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI MEREK

Authors

  • Zulham Zulham Universitas Malikussaleh
  • Wenny Desty Febrian Universitas Dian Nusantara
  • Indra Sani ITB Asia
  • Meny Sriwati STITEK Dharma Yadi Makassar
  • Loso Judijanto IPOSS Jakarta
  • Sabda Imanirubiarko Universitas Pradita

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29632

Keywords:

Komunikasi Krisis, Reputasi Merek, Manajemen Pesan.

Abstract

Penelitian ini membahas peran komunikasi krisis dalam mempertahankan reputasi merek suatu perusahaan. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai aspek komunikasi krisis, termasuk manajemen pesan, pemilihan saluran komunikasi, dan respons terhadap situasi krisis. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi krisis memiliki peran yang krusial dalam melindungi reputasi merek perusahaan, terutama melalui manajemen pesan yang efektif dan transparansi dalam menyampaikan informasi kepada pemangku kepentingan. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya respons yang cepat dan tepat terhadap situasi krisis, terutama dalam era digital yang serba cepat dan terhubung ini. Implikasi praktis dari penelitian ini termasuk perlunya perusahaan untuk mengembangkan rencana komunikasi krisis yang komprehensif dan responsif, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengelola krisis secara efektif.

References

Amelia, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Pelayanan Indihome PT. Telkom Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Kota Banjarmasin. KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 3(2), 130–139.

Anggraeni, D., Tasha, V. G., & Ahmad, R. (2023). Implementasi Komunikasi Pemasaran PT. DSP dalam Mempertahankan Konsumen. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(1), 48–57.

Bahasoan, A. N., Soumena, F. Y., & Arsyad, R. (2023). Identifying Increasing Poverty in Indonesia: Does the Human Development Index and Unemployment Affect Poverty in Indonesia? Migration Letters, 20(8), 585–605.

Bahri, S., Harahap, R. R., Rahmah, H., Maulana, S., & Suhairi, S. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Bisnis Efektif di Era Digital: Studi Kasus dari Berbagai Industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14374–14379.

Behuku, R., Rumalean, I., & Lelapary, H. L. (2022). PEMERTAHANAN BAHASA BURU PADA KALANGAN REMAJA DI DESA WAENALUT KECAMATAN NAMROLE KABUPATEN BURU SELATAN. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(3), 763–778.

Cindrakasih, R. R. R., Muhariani, W., Murtiadi, M., Saeni, E., Priatna, P., Wulandari, Y. F., Bastian, Y., & Yulianto, H. (2024). Buku Ajar Public Relations & Manajemen Krisis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Dirmawati, D., Sapitri, N. A., Soumena, F. Y., & Mustakim, D. (2023). The Influence of Islamic Branding and Brand Ambassadors on Purchase Intention at Tokopedia. International Journal of Engineering Business and Social Science, 1(04), 1269–1277.

Erlangga, D. (2021). Kegiatan Corporate Social Responsibility (Csr) Oleh Humas Pt. Sgmw Motor Indonesia (Wuling) Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Universitas Komputer Indonesia.

Febrian, W. D., & Geni, B. Y. (2024). PENERAPAN TEKNOLOGI BIG DATA DALAM ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA DAN PERENCANAAN SUKSESI ORGANISASI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1309–1319.

Febrian, W. D., & Solihin, A. (2024). Edukasi Ekonomi Sirkular: Solusi Pengelolaan Sampah Yang Ramah Lingkungan Dan Berdayaguna. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Terapan, 2(2), 50–56.

Gemilang, G., & Yuliana, N. (2023). PENTINGNYA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM BISNIS MODERN. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(4), 145–154.

Gora, R., & S Sos, M. M. (2019). Riset kualitatif public relations. Jakad Media Publishing.

Handayani, L., Hasbi, H., & Jihad, S. (2023). The Influence of Productive Zakat Funds and Technology on the Level of Profit of Mustahik Businesses (Case Study on Baznas Makassar City). Asian Journal of Philosophy and Religion, 2(2), 207–222.

Harefa, S. S. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PT KERETA COMMUTER INDONESIA. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Haryanti, A., & Sari, S. D. S. R. (2019). Peranan marketing public relations Bukalapak. com dalam mempertahankan brand reputation melalui kegiatan integrated marketing communications. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 1–12.

Haryono, C. G. (2023). Digital Public Relations: Pemanfaatan Big Data, SEO, CSR, dan Komunikasi Krisis dalam Kegiatan Public Relations di Era Digital. Prenada Media.

Idayanti, R., Irma, I., & Wahyu, N. (2024). The Impact of Sharia Working Capital Financing and SME Investments on Economic Growth in South Sulawesi. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 1875–1898.

Kumalasari, S. (2023). PERAN HUMAS DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI PERUSAHAAN PT ASABRI MENUJU TRANSFORMASI GOODCORPORATE GOVERNANCE. Universitas Nasional.

Lubis, F. M., Febrian, W. D., & Wijaya, I. K. K. (2024). Exploration of Competency-Based Performance Management Practices in Driving Employee Career Development: A Case Study in the Financial Services Company. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 5(2), 736–745.

Luthfiandana, R., Santioso, L. L., Febrian, W. D., Soehaditama, J. P., & Sani, I. (2024). Qualitative Research Concepts: Phenomenology, Grounded Theory, Ethnography, Case Study, Narrative. Siber Journal of Advanced Multidisciplinary, 2(1), 26–36.

Muhsyanur, M., & Rumalean, I. (2024). THE INFLUENCE OF POSITIVE THINKING ON LANGUAGE POLITENESS: A CASE STUDY OF IAI AS’ADIYAH SENGKANG STUDENTS. FALSAFTUNA: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 1(1), 80–89.

Ninasari, A., Hikmah, N., Jenita, J., Zurman, Z., Basir, B., & Febrian, W. D. (2024). PENERAPAN APLIKASI SPSS DALAM MENYUSUN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3794–3799.

Nurdianti, N., Anggraini, N. P., & Awaliah, D. W. (2023). Membangun Reputasi Burger King Di Tengah Krisis: Peran Public Relations Dalam Menghadapi Kontroversi Publik. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(2), 382–390.

Putranto, A., Febrian, W. D., Sanjaya, F., Haryati, H., Santosa, S., & Pratama, I. W. A. (2024). Tantangan Komunikasi dalam Negosiasi Bisnis Lintas Budaya. Journal of Education Research, 5(2), 1920–1924.

Putri, A. W., Sutopo, J. K., & Rahmanto, A. N. (2019). Komunikasi Krisis Kementerian Pertanian Pada Kasus Penggerebekan Gudang Beras PT. IBU (Analisis Isi Kualitatif Menggunakan Situational Crisis Communication Theory). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 53–70.

Raida, A. M., Salsabilla, S., Mansoer, F. K., & Patrianti, T. (2024). Peran Manajemen Public Relations PT. Airasia Indonesia Tbk. dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 7865–7878.

Ramadhanti, D., Rumalean, I., & Idman, M. (2024). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Tentang Keuntungan Pembelajaran Berbasis Digitalisasi (Dalam Jaringan) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 3(2), 21–27.

Redjeki, F., Nuraliati, A., Irdiana, S., Sudarmanto, E., Febrian, W. D., Haryadi, D., & Haryanto, A. (2024). PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEUANGAN PERUSAHAAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5411–5415.

Riady, A., Farida, I., & Husna, M. (n.d.). others.(2024). EXAMINING THE INFLUENCE OF ISLAMIC BRANDING, PHYSICAL EVIDENCE, AND RELATIONSHIP QUALITY ON CUSTOMER LOYALTY IN THE CONTEXT OF BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) MAKASSAR BRANCH AT UNISMUH. Journal of Economics, Technology & Business/Jurnal Ekonomi Teknologi & Bisnis (JETBIS), 3(3).

Sapitri, N. A., Hasbi, H., Nurhikma, N., & Sari, L. F. Z. (2024). The Influence of Investment Returns and Tabarru Fund Contributions on The Asset Growth of Registered Sharia Life Insurance Companies in Ojk in The Period 2019-2022. International Journal of Engineering Business and Social Science, 2(5), 1284–1296.

Sidi, S., Rumalean, I., & Lelapary, H. (2022). Campur Kode Bahasa Indonesia Ke Dalam Bahasa Geser-Gorom Pada Kolom Komentar Grup Media Sosial Facebook Newpilar Seram Bagian Timur. JENDELA PENGETAHUAN, 15(1), 46–53.

Soumena, F. Y., Umaima, U., Nurwahida, N., & Syam, D. R. Y. (2024). The Influence of SME Funding and Non-Performing Financing on Indonesia’s Economic Growth in The Period 2015-2022. Return: Study of Management, Economic and Bussines, 3(2), 166–180.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Suharli, S., Wahab, A., & Habbe, A. H. (2021). Application Of Islamic Economic Principles In Realizing Management Banking Without Interest. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science, 3(2), 277–288.

Suryani, I., & Sagiyanto, A. (2018). Strategi manajemen krisis public relations pt blue bird group. Communication, 9(1), 103–113.

Syam, A. P. (2024). Pengaruh Permohonan Maaf Sebagai Bentuk Komunikasi Krisis Terhadap Reputasi Perusahaan. JURIHUM: Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 1(5), 742–753.

Tomia, S., Pattiasina, P. J., & Rumalean, I. (2023). Struktur Mikro Stand Up Comedy Abdur Di Channel Youtube Stand Up Kompas TV Wacana Kritis Van Dijk. JENDELA PENGETAHUAN, 16(1), 65–77.

Tyasari, A. A., & Ruliana, P. (2021). Model komunikasi coorporate dalam membangun citra perusahaan. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 2(1), 27–42.

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

Wahyuanto, E., Heriyanto, H., & Hastuti, S. (2024). Study of the Use of Augmented Reality Technology in Improving the Learning Experience in the Classroom. West Science Social and Humanities Studies, 2(05), 700–705.

Wangining, S. P., Nurdiyah, N., Istiqommah, J., & Amalia, D. (2024). ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA BASO AFUNG MELALUI INSTAGRAM. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 303–313.

Widawati, A. A. L., & Elbana, M. (2024). Kajian Litelatur Review Krisis Komunikasi Hotto Purto pada Kasus Overclaim dalam Menjaga Citra Perusahaan. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(1), 113–120.

Yearsiana, T., Pangestu, P. B., & Mujab, S. (2024). MANAJEMEN ISU DAN KOMUNIKASI KRISIS OLEH PT DANONE AKIBAT BERITA BOIKOT FATWA MUI. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 2(1), 93–100.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Zulham, Z., Febrian, W. D. ., Sani, I. ., Sriwati, M. ., Judijanto, L. ., & Imanirubiarko, S. . (2024). PERAN KOMUNIKASI KRISIS DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI MEREK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7402–7408. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29632

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>