PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE ANIMAKER DAN PLOTAGON DI KELAS VII SMPN 2 PINGGIR RIAU

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rusdi Rusdi Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Aniswita Aniswita Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Haida Fitri Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19437

Keywords:

Video Pembelajaran, Website Animaker dan Plotagon, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pada kelas VII SMPN 2 Pinggir yaitu kurangnya pemanfaatan media, pembelajaran masih terpusat pada pendidik sehingga pembelajaran monoton dan membosankan, maka dikembangkanlah video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pengembangan video pembelajaran matematika berbasis website animaker dan plotagon untuk memfasilitasi pencapaian hasil belajar yang valid, praktis dan efektif?. Penelitian ini bertujuan memperoleh produk video pembelajaran matematika berbasis website animaker dan plotagon yang valid, praktis dan efektif dikelas VII SMPN 2 Pinggir. Jenis penelitian adalah (R&D) dengan model pengembangan sugiyono, langkah penelitian dilaksanakan sampai langkah keenam meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk. Produk divalidasi lima validator. Uji praktikalitas dilihat dari angket respon peserta didik dan guru. Uji keefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian maka nilai validasi video pembelajaran dengan tingkat kevalidan berada pada kriteria sangat valid dengan nilai validitas sebesar 88,83%. Untuk tingkat kepraktisan berada pada kriteria sangat praktis dengan nilai praktikalitas sebesar 94,33%, untuk tingkat keefektifan berada pada kriteria efektif dengan nilai efektifitas sebesar 77%. Sehingga video pembelajaran berbasis website animaker dan plotagon untuk memfasilitasi pencapaian hasil belajar siswa dinilai valid, praktis, dan efektif diterapkan. 

References

Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qura’an. 2010. Al-Qura’an Dan Terjemahannya. Bandung : Cv Penerbit Diponegoro.

Sundayana. Rostina. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Penerbit Alfabeta.

R. Indonesia. “Undang - Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tetang Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. “Dep. Pendidik. Nas.. 2003.

Fahmi, Syariful. 2014. Pengembangan Multimedia Macromedia Flash Dengan pembelajaran Konstektual dan Keefektifannya Terhadap Sikap Siswa Pada Matematika: Jurnal AgriSains. (Vol. 5. No. 2).

Okra. Riri dan Yulia Novera. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Digital Ipa Di SMPN 3 Kecamatan Pangkalan: Jurnal Of Education Studies (Vol 4. No. 2).

Hadi. Sofyan. 2017. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar: Jurnal. (ISBN: 978-602-71836-6-7)

Ummah. Siti Khoiruli. 2021. Media Pembelajaran Matematika. Malang: Ummpress.

R. Indonesia. “Undang - Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tetang Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. “Dep. Pendidik. Nas.. 2003.

Ummah. Siti Khoiruli. 2021. Media Pembelajaran Matematika. Malang: Ummpress.

Fahri. Muhammad Ullil. 2020. Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran. Bandung: Binus.

Panggabean. Deo Demonta dkk. 2020. Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA Dengan White Board Animation: Media Sains Indonesia.

Sugiarto. Toto. 2020. Contextual Teaching And Learning (CTL) Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Cv. Mine

Nanda. Kadek Krisna. 2017. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kontekstual Kelas V Di Sd Negeri 1 Baktiseraga: Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. (Vol. 05 No. 1. Pp. 88-99)

Tageh. Made dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Annisa, A., Rusdi, R., Aniswita, A., & Fitri, H. . (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE ANIMAKER DAN PLOTAGON DI KELAS VII SMPN 2 PINGGIR RIAU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 806–815. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19437

Most read articles by the same author(s)