PENINGKATAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 107405 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Resperdiana Purba Universitas Prima Indonesia
  • Amelia Simanungkalit Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26342

Keywords:

Menulis, Teks, Prosedur, Berbasis, Proyek

Abstract

Rendahnya nilai siswa menulis teks prosedur di SD Negeri 107405 Tembung disebabkan kurangnya minat belajar, minimnya keterampilan menulis, maka sebagai guru harus dapat menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Terkhususnya materi pelajaran  berbentuk praktek, seperti menulis teks prosedur.  Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dalam penelitian PTK melalului beberapa tahapan, yaitu: mulai dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya tujuan penelitiannya mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 107405 Tembung  dari  menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran yang berbasis proyek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap kegiatan pembelajaran di kelas dan hasil belajar siswa melalui tes menulis teks prosedur dan dianlisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitia, yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 107405 Tembung ada 30 orang. Hasil penelitian dapat diperoleh adanya peningkatan peserta didik dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran yang berbasis proyek, yaitu dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus 1 masih 53%  dan siklus II naik menjadi 83%, berarti ada kenaikan 30%. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek dapat menaikan hasil belajar peserta didik dalam menulis teks prosedur di SD Negeri 107405 Tembung tahun pelajaran 2022/2023

References

Apriliani. 2020. Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia (Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Bahasa Indonesia Kelas XII) Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Bistari, Aunurrahman.dkk. 2021. Buku Pedoman Berbasis Proyek Universitas tanjung Pura.2021. Pontianak: Lembaga pembelajaran dan Penjamin (LP3M) Universitas Tanjung Pura

Budijah. 2021. Peningkatan kemampuan menulis Teks Prosedur Komplek menggunakan Model Project based Learning. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah Vol. 11, No. 1.

Fathonah, S. dan Hera, S. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis proyek untuk Meningkatkan keterampilan Menuli Teks Deskripsi pada Kelas VII di SMP Negeri 1 Kalibagor. Prosseding ke IV Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Purwanti, Titik. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskrifsi Menggunakan Media Kartu Gambar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Geneng Jepara. Jurnal.unssula.ac.id.

Putri, T. A. dan Rustam, Albertus, S. 2022. Model Project Based Learning dalam Menulis Teks Prosedur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 8, No. 1.

Siahaan, Rahel,.Y.K.P. dkk. 2023. Meningkatkan Hasil belajar Bahasa Indonesia Materi teks Prosedur dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa kelas VII SMP Swasta mentari Bangsa Tahun Peajaran 2022/2023.ASAS : JURNAL ASAS : Volume 12 No. 2.

Siman. 2023. Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Esai Deskriptif. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan Vol. 7, No. 1.

Suyati. 2019. Peningkatan Keterampilan menulis teks Prosedur menggunakan Model Pembelajaran Resiprokal padaMata pelajaran B. Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rambutan banyuasin. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Volume 9, No 1.

Yuniza, V. 2023. Project Based Learning, Pembelajaran yang Menghasislkan Solusi Terbaik.

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Annisa, A., Purba, R. ., & Simanungkalit, A. . (2024). PENINGKATAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 107405 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3220–3226. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26342